Mengenal Resiko Ternak Bebek yang Harus di Pahami

Mengenal Resiko Ternak Bebek yang Harus di Pahami

Jadiberkah.com– Selain ayam negri atau ayam broiler dan ayam kampung yang umumnya banyak diternak, salah satu hewan unggas lain yang cocok dan banyak diternak oleh masyarakat pedesaan. Sebagai hewan unggas yang dapat dimanfaatkan daging dan telurnya, permintaan telur dan daging bebek sendiri terus meningkat dengan alasan karena banyak orang yang gemar mengkonsumsi hasil panen bebek itu sendiri.Nah, kalau Anda memutuskan untuk menekuni usaha ternak bebek, Anda perlu banyak belajar seperti apa cara pembuatan kandang, pemilihan pakan ternak yang berkualitas, bibit terbaik dan tidak lupa untuk mengenali apa saja Resiko Ternak Bebek yang wajib Anda ketahui!

farming egg duck

Mengenal Resiko Ternak Bebek

Mengenal Resiko Ternak Bebek yang Harus di Pahami– Agar terhindar dari berbagai permasalahan dalam beternak bebek, ada baiknya kalau Anda mempelajari beberapa resiko yang mungkin akan menghampiri Anda ketika baru pertama kali memulai budidaya ternak bebek. Adapun beberapa resiko diantaranya meliputi dibawah ini:

Baca Lainya:  Apakah Forex Itu Menjanjikan? Cari Tahu Faktanya!

Resiko Bebek Stres   

  • Stres pada unggas merupakan salah satu resiko yang perlu dihindari, pasalnya stress dapat mengurangi hasil produksi telur, bahkan bebek sendiri beresiko tidak bertelur selama beberapa hari. Untuk mencegah bebek agar tidak stress bisa dilakukan pencegahannya dengan merawat kandang dengan serajin mungkin dan hindari kebisingan dan selalu bersih.

Tentukan Tujuan Dalam Beternak Bebek

  • Ada dua pilihan tujuan yang dapat Anda pilih kalau ingin beternak bebek, ternak bebek petelur maupun pedaging. Tujuan beternak bebek pedaging ialah guna memanfaatkan daging dari tubuh bebek itu sendiri, jadi ada baiknya untuk menghindari pola aktivitas yang terlalu over agar bebek menghasilkan banyak daging. Jadi jangan menerapkan pola umbaran, sebab akan menambah aktivitas bebek itu sendiri. Sedangkan bebek petelur hanya akan dimanfaatkan telurnya saja, jadi Anda hanya perlu mengisi protein yang tercukupi agar bebek dapat menghasilkan telur yang berkualitas di setiap harinya.

Pakan

  • Pakan paling baik dan berkualitas ialah pakan yang berasal dari buatan pabrik, namun tahukah Anda kalau harga dari pakan pabrik selalu naik. Hal ini akan membuat peternak rugi kalau harga pakan tidak stabil dengan harga jual telur. Solusi terbaiknya adalah Anda bisa mencampurkan pakan pabrik 144 dengan bekatul halus. Dengan takaran ini gizi yang dicerna bebek pun akan terpenuhi. Jadi sebaiknya jangan memberi pakan dengan beraneka macam.
Baca Lainya:  Contoh Investasi Dalam Kehidupan Sehari Hari Yang Perlu Anda Tahu

Hindari Kandang Seadanya

  • Walau terlihat mudah, tetapi hal ini dapat berpengaruh sekali pada hasil yang akan diperoleh. Terdapat beberapa jenis kandang dengan model yang beragam yang dapat Anda pilih seperti kandang Battery, kandang postal dan kandang ranch. Kalau Anda memilih menggunakan salah satu kandang diantara ketiganya, buatlah kandang serapi mungkin, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam kandang, walau bebek sangat gemar berenang namun bebek tidak suka terkena air dengan langsung.

Bebek Sangat Rentan Penyakit

  • Setiap hewan unggas memang sangat rentan akan serangan penyakit, begitupun dengan jenis hewan unggas seperti bebek. Bebek adalah jenis hewan yang sangat rentan penyakit jika dibandingkan dengan unggas lain seperti ayam, burung puyuh atau entok. Sebagai langkah pencegahannya Anda bisa mencegahnya dengan memberikan vaksin dengan rutin agar koloni pada bebek terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merugikan peternak.
Baca Lainya:  Langkah Awal dan Modal Ternak Bebek 

Jadi, itulah pembahasan hari ini mengenai resiko yang akan dialami ketika beternak bebek bagi pemula yang dapat Anda pelajari dan terapkan sebagai langkah awal kemajuan usaha bebek yang nantinya akan Anda jalankan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.