Langkah Awal dan Modal Ternak Bebek 

Jadiberkah.comMemulai bisnis dengan membudidaya ternak hewan adalah jenis usaha yang cukup menjanjikan dalam waktu yang terbilang singkat. Bahkan ada banyak sekali jenis usaha dalam membudidaya hewan ternak mulai dari bebek, ayam, lele, burung, kambing dan lain sebagainnya. Usaha ternak hewan seperti ini pun akan sangat mudah kita temui di area pedesaan. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu usaha seperti ini pun sudah bisa kita jumpai di daerah perkotaan dengan lahan yang terbatas. Dan salah satu peluang usaha ternak dengan prospek menjanjikan ialah budidaya ternak bebek pedaging dan bebek petelur.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa Langkah Awal dan Modal Ternak Bebek maka kalian bisa menyimak pembahasan dibawah ini!

Langkah Awal dan Modal Ternak Bebek Untung Besar 

farming egg duck

Langkah Awal Bisnis Ternak Bebek Modern

Persiapan Kandang

Pada saat bibit bebek datang dan sebelum dimasukkan ke dalam kandang box,  ada baiknya untuk Anda selalu memastikan kalau pemanas kandang sudah berfungsi dengan baik dengan tingkat suhu yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk mengatur letak pakan dan minum.

Baca Lainya:  Definisi  Bisnis Franchise Yang Perlu Anda Ketahui

Menyortir DOD (Bibit Bebek) 

Pada saat Anda memesan bibit bebek paling sedikitnya ialah 100 ekor. Dan dari jumlah ini umumnya ada beberapa diantaranya mengalami kecacatan, sehingga perlu disortir terlebih dahulu dari DOD yang berkualitas baik. DOD yang cacat ini nantinya tetap bisa dipelihara, hanya saja penempatannya dibedakan dengan yang berkualitas.

Memberi Larutan Gula

Ketika bibit bebek sudah tinggal di kandangnya, maka segera berikan mereka minuman berupa larutan air gula merah selama 1 jam. Kemudian, ganti minuman tersebut dengan air putih yang sudah di campurkan vitamin guna merangsang daya makan bebek. Setelah itu satu jam kemudian, barulah diberi pakan sedikit demi sedikit.

Memberikan Pakan dan Pindahan Kandang

Pada saat bebek berumur 14 hari, disarankan untuk memberikan pakan yang dicampur dengan air sebanyak 5 kali sehari. Dengan melihat langsung kesehatan si bebek, maka perlahan Anda bisa menurunkan suhu pemanas atau bisa melepaskannya secara total. Ketika bebek berusia 15-20 hari, maka ukurannya akan membesar dan siap dipindahkan ke jenis kandang yang lebih besar.

Baca Lainya:  Contoh Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Setelah itu jangan lupa untuk mencampurkan pakan jenis grower yang bertekstur. Campurkan dengan sedikit air dan berikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Pastikan juga selalu ada minum di sekitar kandang dan berikan obat anti stress ketika bebek berusia 20 hari. Jerami yang terdapat di dalam kandang sendiri pun tidak boleh kurang, tujuannya guna menjaga kelembaban. Lakukan pemeliharaan ini sampai bebek berusia 31-35 hari.

Persiapan Modal Untuk Memulai Budidaya

Modal Awal

  • Lokasi untuk kandang ternak bebek
  • Pembuatan kandang untuk ternak bebek
  • Pembelian alat dan perlengkapan usaha untuk ternak bebek

Biaya Operasional 

  • Biaya pembelian bibit bebek berkualitas sebanyak 100 ekor
  • Pembelian pakan dan vitamin bebek
  • Biaya listrik dan air
  • Gaji karyawan
  • Pemberian obat dan vitamin

Keuntungan Bisnis Ternak Bebek 

Selain memberikan langkah yang mudah seperti di atas, ternak bebek juga memberikan keuntungan yang tak tanggung-tanggung loh! Berikut beberapa keuntungan ternak bebek diantaranya meliputi dibawah ini:

  • Bebek akan menghasilkan telur terus menerus
  • Harga telur bebek yang stabil
  • Mudah dalam perawatan
  • Kulit telur bebek lebih tebal dari kulit telur ayam pada umumnya
  • Resiko kerugian sangat minim
  • Tidak repot mengurusnya
  • Mudah dalam proses pemberian pakan
Baca Lainya:  Rincian Modal Usaha Bengkel Motor Paling Minim

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ternak bebek sekarang juga! Untung berlimpah, cepat panen dan pastinya mudah untuk dibudidayakan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.