Cara Ternak Bebek Petelur Modern?

Jadiberkah.com– Di era zaman modern saat ini memang semua terasa mudah dan bisnis ternak pun menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Bahkan prospek bisnis ternak pun sangat menjanjikan, sehingga tidak heran jika bisnis ini sangat diincar oleh banyak masyarakat dalam memperoleh penghasilan.

Duck with ducklings hiding in the grass in early spring

Jika pun Anda berniat untuk menggeluti dunia ternak, bisnis ternak bebek bisa kalian pilih sebagai peluang yang tepat! Ternak bebek sendiri ada dua jenis yakni pedaging dan petelur. Telur dari hasil bebek sendiri memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh jika dibandingkan dengan telur ayam, sebab menurut penelitian kandungan vitamin yang ditemukan di dalamnya sangat banyak.

Selain itu, harga jual dari telur bebek juga lebih tinggi dari telur ayam negeri maupun ayam kampung. Sehingga, tidak diragukan lagi jika Anda menjalani bisnis paling menggiurkan ini. Nah, bagi Anda calon peternak yang hendak memulai bisnis ternak bebek petelur pasti kalian masih bingung bukan, Cara Ternak Bebek Petelur Modern? Yuk simak penjelasan singkat dibawah ini mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan supaya untung besar.

Baca Lainya:  Ketahui 2 Macam Takaran Bumbu Seblak Untuk Jualan

Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Persiapkan Modal

Modal adalah bagian penting dalam membangun sebuah usaha. Tanpa ada modal maka semua usaha tidak akan berjalan dengan baik. Modal digunakan guna membeli semua peralatan dan perlengkapan yang mendukung dalam berjalannya proses bisnis. untuk ternak bebek sendiri, modal digunakan untuk penyewaan lahan, pembuatan kandang, membeli bibit, biaya perataan, pembelian pakan dan lain sebagainya. Tidak itu saja, modal juga didapatkan dari uang tabungan pribadi atau pinjaman.

Mempersiapkan Lahan Ternak

Unggas memang tergolong banyak jenisnya dan salah satu diantaranya adalah bebek. Sehingga, Anda perlu mempersiapkan lahan yang cukup luas dan jauh dari rumah warga. Hal ini bertujuan guna menghindari adanya penularan penyakit berbahaya pada manusia yang disebabkan oleh unggas. Untuk beternak bebek idealnya adalah 100 ekor. Jadi, pastikan lahan yang Anda miliki cukup guna menampung semuanya.

Pembuatan Kandang

Kandang ternak bebek terdapat beberapa jenis kandang yang populer, dari beberapa diantaranya tiga jenis inilah yang paling sering dipilih, pertama kandang tipe panggung, kedua kandang tipe sistem baterai dan ketiga kandang tipe litter. Dari ketiga jenis kandang di atas, kalian bisa menentukan jenis kandang yang cocok untuk ternak Anda dengan suhu yang sesuai dan luas kandang yang tepat untuk para bebek ternak tersebut.

Baca Lainya:  Bagaimana Cara Membuka Bisnis Travel Online ?

Pembibitan Bebek Petelur

Proses pembibitan ini merupakan bagian terpenting dalam menghasilkan telur yang baik. Sehingga maka oleh sebab itu, pastikan untuk Anda selalu melakukan proses pembibitan yang baik dengan memesan bibit bebek petelur berkualitas dari penyedia yang terpercaya.

Pemberian Pakan Bebek

Tidak hanya bibit, pakan juga menjadi salah satu factor yang penting untuk jenis ternak yang mana kualitas tersebut akan berpengaruh besar pada hasil panen kemudian. Pakan yang berkualitas baik untuk bebek petelur merupakan pakan yang mengandung mineral, protein dan energy. Jadi Anda bisa memberikan pakan bebek seperti gandum, jagung, tepung ikan, tepung daging maupun tepung tulang. Ada baiknya pakan yang hendak diberikan oleh bebek, digiling terlebih dahulu agar mudah dicerna oleh si ternak. Pemberian pakan juga dilakukan sebanyak 3 kali sehari yakni, pagi, siang dan sore hari.

Baca Lainya:  Cara sukses ternak Lovebird yang perlu anda siapkan

Perawatan Bebek Ternak

Bebek petelur juga membutuhkan perawatan yang baik guna menghasilkan telur yang berkualitas. Adapun beberapa jenis perawatan yang tepat untuk diberikan untuk bebek adalah:

  • Vitamin
  • Obat
  • Vaksinasi
  • Pembersihan kandang
  • Pengontrolan bobot

Itulah, cara tepat untuk beternak bebek petelur agar dapatkan hasil yang berkualitas terjamin.

Latest posts by Selvi (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.