Ternak Ayam Pedaging Rumahan Agar Cepat Panen

Jadiberkah.com– Melihat perkembangan usaha ternak ayam pedaging yang memiliki prospek menjanjikan keuntungan besar, tentunya membuat siapa saja tergiur untuk bisa terjun menekuni usaha tersebut. Dalam menjalani usaha ternak ayam memang tidak membutuhkan modal yang besar, terlebih jika memulainya secara rumahan. Karena kalian bisa memanfaatkan pekarangan kosong dirumah yang bisa kalian sulap guna mencari penghasilan tambahan seperti halnya dengan melakukan ternak ayam pedaging rumahan.

Jika melihat dari bisnis ternak unggas, bisnis yang satu ini memang masih menjadi bisnis paling menjanjikan. Bahkan bisnis ini pun banyak diminati sebagian besar orang karena keuntungannya bisa diperoleh dengan waktu singkat. Selain itu prospek usaha ternak ayam pedaging juga bisa dibilang menjanjikan lantaran permintaan daging ayam semakin hari semakin meningkat saja per tahunnya. Sehingga maka oleh sebab itu, tak heran jika keuntungan yang didapat bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Penasaran seperti apa Cara Ternak Ayam Pedaging Rumahan Agar Cepat Panen? Yuk simak penjelasan cara-cara lengkapnya dibawah ini.

Baca Lainya:  Saung lele Karawang | Jual bibit ikan lele melayani partai besar dan eceran

Cara Tepat Ternak Ayam Pedaging Rumahan Cepat Panen

Tentukan Lokasi Kandang

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan lokasi kandang ternak. Pada saat menentukan kandang, disarankan untuk menempatkan kandang di lokasi yang mudah dijangkau dan diakses oleh transportasi. Usahakan juga lokasi yang akan ditempati jauh dari kebisingan dan jauh dari pemukiman warga serta dekat sumber air.

Pembuatan Kandang

Dalam pembuatan kandang berskala rumahan secara umum dapat diselesaikan dengan lahan yang tersedia. Namun, idealnya ukuran kandang yang baik untuk digunakan adalah panjang 2 meter dan lebar 3 meter dengan tinggi 2 meter untuk ternak ayam kisaran 100 ekor.

Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan tentunya tidak sembarang memberi pakan saja ya. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada segi kandungan dan juga pemberian pakan. Pemberian pakan sendiri penting sebagai penambah nutrisi ayam supaya dapat tumbuh maksimal dan menghasilkan hasil yang berkualitas. Pemberian makan sendiri, disarankan untuk menggunakan sistem ad libitum supaya masakan selalu tersedia tanpa batas. Pastikan juga kalau pakan selalu tersedia di dalam kandang agar tubuh ayam cepat besar.

Baca Lainya:  Jasa pembuatan kusen pintu dan jendela di karawang

Litter

Liter ialah adalah salah satu peralatan penting untuk beternak ayam pedaging sebagai tempat tampung kotoran. Litter sendiri dapat menggunakan sisa serbuk gergaji bekas maupun kulit padi sehingga baru kotoran tidak menyengat terlebih diternak pada lingkungan rumah.

Pembibitan

Ketika melakukan pembibitan ayam, disarankan untuk Anda selalu memperhatikan kualitas dari si bibit itu sendiri. Pasalnya semakin bagus bibit yang dipilih, maka akan semakin baik pula hasil yang akan diperoleh ketika panen nanti.

Pemeliharaan

Pemeliharaan ayam sangat wajib untuk diperhatikan ketika ingin membuat ayam pedaging yang berkualitas baik dan sehat. Sehingga penting untuk Anda memperhatikan bibit ayam, suhu inkubator, bulu ayam, pembersihan kandang dan lain sebagainya.

Modal Ternak Ayam Potong Rumahan

Modal Awal

  • Pembuatan kandang
  • Gasolec
  • Tabung gas
  • Tempat pakan
  • Bohlam
  • Pipa paralon
  • Sekop
  • Tempat minum
  • Kabel
Baca Lainya:  Cara Daftar Shopee tanpa Nomor HP

Biaya Operasional per Bulan

  • 100 Ekor anak ayam
  • Pakan
  • Vaksin dan obat-obatan
  • Listrik, air dan telepon
  • Isi tabung gas
  • Pembayaran upah karyawan

Nah, jadi itulah pembahasan di atas seperti apa cara ternak ayam pedaging yang wajib kalian persiapkan dan modal yang harus kalian miliki. Dengan memiliki rincian diatas maka kalian sudah bisa terjun menekuni usaha ternak ayam pedaging.

Latest posts by Selvi (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.