3 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen Raih Untung

Jadiberkah.com – Ikan air tawar memiliki banyak penggemar. Rasa yang gurih serta tidak terlalu amis, menjadi alasan ikan ini banyak dipilih. Cara budidaya ikan air tawar cepat panen menjadi solusi agar ikan selalu tersedia di pasaran. Adapun ikan yang paling banyak dicari biasanya ikan Lele, Gabus, Nila, dan Gurame.

Ikan air tawar lebih banyak dicari bukan saja karena rasanya yang gurih. Namun juga alasan kandungan gizi tinggi pada ikan tersebut. Selain itu harganya juga terjangkau dan dapat dijumpai setiap hari.

3 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Ada beberapa hal penting dalam cara budidaya ikan air tawar cepat panen yang harus diperhatikan. Untuk mencapai hasil panen sesuai harapan, Anda harus memperhatikan 3 cara berikut.

Media Budidaya

Media budidaya ikan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini. Adapun media yang kerap dipakai berupa kolam semen, keramba, kolam terpal maupun aquarium.

Semua memiliki karakteristik tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan jenis ikan. Jadi, Anda wajib tahu dan paham dengan kebutuhan tersebut.

Bibit Ikan

Pemilihan bibit mempengaruhi masa panen ikan nanti. Untuk memperoleh ikan ini bisa dengan cara membeli di koperasi khusus bibit yang terpercaya. Pilih bibit yang bergerak lincah dan tidak memiliki cacat.

Lebih baik lagi jika bibit yang dipilih memiliki ukuran serupa, agar pertumbuhannya serentak. Ukuran yang dianjurkan untuk bibit ikan air tawar ini agar cepat panen, sebaiknya di kisaran 7-9 cm.

Pemeliharaan

Pertumbuhan ikan tergantung pada seberapa baik cara memeliharanya. Agar dapat tumbuh besar dalam waktu singkat, pemberian pakan harus selalu diperhatikan.

Ikan harus diberi makan 3 kali dalam sehari. Dua kali makanan pokok, satu kali berupa makanan selingan. Selain makanan, ikan juga harus diberi vitamin tambahan agar tetap sehat. 

Agar ikan dapat berkembang dengan baik, media pemeliharaan juga harus selalu terjaga. Air yang sudah kotor harus segera diganti. Penggantian air bisa dilakukan dua minggu sekali. 

3 cara budidaya ikan air tawar cepat panen ini bisa Anda praktekkan langsung agar bisa segera mendapat keuntungan. Jika semua cara sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu masa panen dengan hasil besar. 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.