Ternak Ikan Air Tawar yang Cepat Besar, Lebih Cepat Panen

Jadiberkah.com – Ternak ikan air tawar merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih, apabila Anda memilih ikan air tawar yang cepat besar. Otomatis, masa panen pun akan lebih cepat. Keuntungan bisa meningkat.

Nah Anda penasaran bukan dengan jenis ikan ini? Berikut ulasannya untuk Anda, yuk simak!

3 Jenis Ikan Air Tawar yang Cepat Besar

Pertama, Anda bisa memilih ikan nila

Dengan kecepatan pertumbuhannya, ikan nila atau mujair ini bisa dipanen kurang dari 2 tahun, bahkan bisa setiap 6 bulan panen. Tentunya hal tersebut harus ditunjang dengan perawatan dan kondisi kolam yang baik.

Ikan nila sangat subur, terlebih sebagai omnivora sejati, ikan ini bisa makan apa saja. Ikan nila juga disebut sebagai ayam air lantaran gampangnya beranak pinak. 

Untuk memanen, Anda harus membuat nila berbobot antara 0,2-0,4 kilogram. Mendapat bobot ini hanya perlu waktu 6 bulan saja jika kondisi kolam bersih, perawatan ikan nila baik, dan cukup terkena sinar matahari. Tidak terlalu susah, bukan?

Kedua, Anda bisa memilih ikan lele

Tidak kalah dengan mujair, lele juga bisa berkembang pesat dalam waktu yang cepat. Kira-kira, dengan kondisi kolam yang baik dan pakan cukup, Anda bisa memanennya antara 16-18 bulan.

Ada beberapa spesies lele unggulan yang cepat besar. Antara lain lele Amerika, lele biru, lele lumpur, juga lele hitam. Spesies tersebut dikenal tangguh dan mudah beradaptasi. Meski seandainya keadaan kolam kekurangan oksigen, lele ini bisa bertahan hidup.

Anda perlu membuat bobot lele mencapai 0,4-0,6 kg untuk bisa dipanen. Ini tidak butuh waktu lama jika perawatan ikan dan kolamnya optimal.

Ketiga, Anda bisa mempertimbangkan ikan mas untuk diternak.

Ikan mas juga spesies yang cepat besar, baik itu ikan mas biasa atau pun ikan mas perak. Sebagai spesies introduksi, ikan mas bisa berkembang sampai dengan 27 kg.

Namun, ikan ini sudah siap dipanen dengan bobot 2 kg sampai 4 kg saja. Tidak butuh waktu lama bagi ikan mas untuk mencapai bobot itu. Dengan perawatan yang baik, dalam 2 tahun ikan ini sudah siap dipanen.

Nah, itu dia beberapa ikan air tawar yang cepat besar dan sangat menguntungkan jika diternakkan. Bagaimana, Anda tertarik?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.