3 Contoh Pedagang Asongan antara Keterpaksaan dan Kemandirian

Jadiberkah.com – Berikhtiar mencari pekerjaan adalah kewajiban setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pedagang di bis adalah salah satu contoh pedagang asongan yang menjajakan barang dagangannya pada penumpang. Usaha tersebut ada yang berdasarkan kemandirian dan ada juga karena keterpaksaan.

Secara harfiah pedagang asongan adalah penjual yang langsung menawarkan barang dagangannya pada konsumen dengan cara diasong. Berikut ini pembahasan mengenai pedagang asongan :

 

Kemandirian 

Pola pikir setiap orang tentu berbeda dalam hal memecahkan kesulitan hidup untuk mencari nafkah. Ada orang yang memulai usaha dengan berdagang asongan. Dia bertujuan mengumpulkan modal untuk mengembangkan bisnis dan menjadi pedagang sukses. Hal tersebut karena dia memiliki jiwa wirausaha untuk hidup mandiri.

 

Keterpaksaan

Golongan kedua yang berdagang asongan karena keterpaksaan karena tidak ada pekerjaan lain. Pedagang seperti ini akan berganti profesi jika ada pekerjaan lain yang lebih menjanjikan karena Dia berjualan bukan berdasarkan jiwa wirausaha.

Contoh Pedagang Asongan yang Ada di Sekitar Kita

Banyak contoh pedagang kaki lima atau asongan yang ada disekitar kita baik di lingkungan tertentu seperti terminal, pasar, atau lingkungan rumah.

Baca Lainya:  5 Syarat Investasi Rumah; Wajib Diketahui Investor Pemula

1. Pedagang di Kendaraan

Para pedagang tersebut biasanya berjualan di tempat yang memiliki banyak peluang untuk mencari konsumen. Misalnya pedagang asongan di bis atau sarana angkutan lainnya. Mereka biasanya menjual makanan ringan pada para penumpang.

 

2. Pedagang di pasar

Ada pula pedagang asongan mangkal di pasar karena tempat tersebut banyak dikunjungi oleh konsumen yang hendak berbelanja. Misalnya ada yang menjual perlengkapan dapur seperti serbet, korek api, kantong wadah belanja, dan lain-lain.

 

Baca Lainya:  Meraup Omset Jualan Cilok Keliling Dengan Langkah Yang Tepat

3. Pedagang Door to Door

Pedagang asongan juga ada yang menjajakan barang dagangannya dengan cara door to door. Biasanya Dia berkeliling kampung atau perumahan untuk menjual produknya secara langsung dari rumah ke rumah. 

Ini adalah cara yang bagus bagi pedagang asongan yang memiliki jiwa wirausaha. Hal ini karena Dia bisa mengetahui tempat tinggal konsumen yang kedepannya bisa dijadikan pelanggan setia. 

Para pedagang asongan terdiri dari dua jenis yaitu berdasarkan jiwa wira usaha untuk mandiri, tetapi ada juga karena keterpaksaan. Banyak contoh pedagang asongan yang sukses berbisnis karena memiliki perencanaan matang mengembangkan usaha yang berawal dari berdagang langsung pada konsumen.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.