Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Jadiberkah.com – Hobi memelihara ikan hias memberi banyak keuntungan karena bisa dibisniskan kembali. Kamu bisa membuat budidaya ikan hias yang menguntungkan dengan hanya menggunakan modal kecil. Namun dari mengembangbiakan ikan tersebut Kamu bisa mendapat laba besar. 

Coba saja Kamu pikirkan jika membeli sepasang ikan hias dengan harga Rp. 500.000,-, lalu diternakkan. Maka ikan tersebut akan mempunyai banyak anak dalam sekali penetasan. Ikan tersebut juga bisa berkali-kali berkembang biak. Kemudian Kamu bisa menjual anakannya. Agar hasil budidaya ikan melimpah maka ada beberapa tips yang harus Kamu kerjakan. 

Tips Sukses Budidaya Ikan Hias yang Menjanjikan

Untuk melakukan bisnis di bidang apapun maka Kamu harus tahu ilmunya. Selain dari pengalaman, Kamu juga harus belajar dari berbagai sumber agar bisa membudidayakan ikan dengan benar. Berikut ini tips yang harus Kamu lakukan :

  • Cari Ikan Hias untuk Konsumen Menengah Ke Bawah 

Pilihlah ikan hias air tawar seperti cupang dan koki karena pangsa pasarnya bisa menengah ke bawah. Di samping itu, ikan-ikan tersebut perawatannya sangat mudah tidak seperti merawat ikan hias dari laut. 

 

Baca Lainya:  Mau Bisnis Fotocopy? Ketahui 3 Ancaman Usaha Fotocopy!
  • Belajar Mengenal Pengembangbiakan Ikan 

Tips budidaya ikan hias yang menguntungkan lainnya adalah mengembangbiakan ikan. Kamu harus belajar apa makanan ikan tersebut, bagaimana cara merawatnya, dan cara mengembangbiakannnya. Dengan mengetahui ilmu-ilmu tersebut maka Kamu bisa memulai menjalankan bisnis budidaya ikan hias

 

  • Fokus dulu pada Satu Jenis Ikan 

Jangan ingin membudidayakan banyak jenis ikan. Kamu harus fokus pada satu ikan dulu. Setelah Kamu paham dengan ilmu budidaya ikan maka bisa bertahap mengembangkan jenis lainnya. 

 

  • Jangan Hanya Jualan Ikan Saja 

Saat Kamu berbisnis ikan hias jangan hanya menjual ikannya saja. Namun Kamu juga bisa menjual akuarium, pakan, aksesoris akuarium, obat-obatan ikan, dan lain-lain. Hal ini karena para pembeli tentu tidak hanya akan membeli ikan saja, tetapi juga membutuhkan yang lainnya. 

 

  • Promosi yang Tepat 

Sekarang ini cara memasarkan produk mempunyai banyak kemudahan karena adanya berbagai media sosial. Kamu bisa promosi melalui Facebook, Instagram, atau WhatsApp. 

Semua bisnis akan memberi banyak laba bagi para pelakunya yang tekun. Budidaya ikan hias yang menguntungkan ini dapat Kamu kembangkan karena banyak peminatnya. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.