5 Contoh Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Jadiberkah.com – Indonesia merupakan negara tropis yang sangat menguntungkan karena berbagai tumbuhan dan hewan bisa hidup dengan baik. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis contoh budidaya ikan air tawar yang memberi banyak keuntungan.

Karena tidak dipungkiri juga kalau kebutuhan akan protein dari ikan paling dicari. Oleh sebab itu bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan contoh budidaya ikan air tawar yang dianggap paling menguntungkan!

5 Contoh Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan

Berikut ini beberapa ikan yang mudah dibudidayakannya : 

  • Ternak Lele 

Ternak ikan lele sangat banyak memberi keuntungan pada Anda karena daya tahan tubuhnya tinggi terhadap perubahan lingkungan dan penyakit. Modalnya juga tergolong murah sehingga siapa pun bisa menjalankan bisnis ini. Waktu panennya termasuk singkat yaitu 3 bulan. 

 

  • Ternak Ikan Nila 

Ternak ikan nila sangat menguntungkan karena seekor induknya bisa bertelur antara 250 – 1000 butir. Daya tahan tubuh terhadap perubahan lingkungan dan penyakitnya juga tinggi. Selain itu, masa panennya cepat yaitu 4 – 6 bulan. Maka dari itu, para pembudidaya banyak yang tertarik untuk ternak ikan ini. 

 

  • Ternak Ikan Patin 

Ternak ikan patin merupakan peluang bisnis yang besar karena negara kita masih mengimpor ikan ini dari Vietnam. Proses pembesaran ikan patin yaitu selama 6 bulan. Tidak ada ukuran khusus panen ikan ini. Seandainya ikan patin untuk ekspor maka budidayanya lebih dari 6 bulan. 

 

  • Ternak Ikan Bandeng 

Contoh budidaya ikan air tawar lainnya adalah bandeng. Ikan ini tinggi protein, tetapi rendah kolesterol sehingga baik untuk penderita obesitas. Budidaya ikan ini cocok di daerah pantai dengan cara membangun tambak. Hal ini karena Bandeng membutuhkan air dengan kandungan garam sedang. 

  • Ternak Ikan Mujair 

Ikan mujair mempunyai sifat pertumbuhan yang cepat dan daya tahan tubuhnya kuat. Rasanya lembut dan gurih sehingga banyak konsumen yang menyukainya. 

Cara Mudah untuk Pemasaran Ikan Air Tawar

Masalah utama yang harus Anda ketahui saat berbisnis ikan air tawar yaitu teknik pemasarannya. Hal ini sangat penting agar ikan yang sudah pantas untuk di pasarkan bisa segera dijual. 

Cara pertama yaitu selama proses pembesaran Anda harus banyak berpromosi pada calon konsumen di lingkungan sekitar. Hal ini agar mereka mengetahui bahwa Anda bisnis budidaya ikan air tawar. Saat mendekati masa panen Anda pun mudah menjualnya. 

Anda juga bisa berpromosi di media sosial agar jangkauannya lebih luas. Di samping itu, Anda bisa bertanya pada orang yang sudah berpengalaman dalam hal pemasaran ikan. 

Seandainya Anda memutuskan untuk berbisnis ikan air tawar maka jangan lupa untuk mempelajari cara pemasarannya. Dengan begitu, Anda punya banyak untung dari contoh budidaya ikan air tawar

Baca Lainya:  Jangan Kebanyakan Mikir! Ini Loh 5 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.