Budidaya Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan Untuk Dijalankan

Jadiberkah.com – Perubahan zaman telah membuat berbagai pekerjaan yang dulu ditinggalkan banyak orang kini dilirik kembali. Misalnya Anda tertarik dengan budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan.

Apalagi negara kita sangat mendukung untuk membuka usaha di bidang pembudidayaan ikan. Hal ini karena lahan luas dan kondisi air melimpah terutama di daerah-daerah. Namun Anda juga bisa memanfaatkan waduk dekat rumah untuk dijadikan tempat beternak ikan. 

5 Jenis Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Banyak jenis ikan air tawar dibudidayakan oleh masyarakat yang hobi beternak ikan. Namun tidak semua jenis ikan bisa dibudidayakan untuk tujuan bisnis. Beberapa ikan yang diternak sebagai peluang usaha adalah : 

  • Ikan Gurame 

Ikan gurame siap konsumsi biasanya berbobot ½ – 1 kg. Dengan  begitu, maka dari segi waktu pembudidayaan sangat ekonomis sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya. 

Konsumen menyukai jenis ikan ini karena dagingnya tebal dan tidak berduri di antar serat daging. Selain itu, rasanya juga lezat dan pantas dijadikan hidangan pesta.

 

  • Ikan Nila 

Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan berikutnya yaitu nila. Masa budidaya ikan nila tergolong cepat yaitu antara 4 – 6 bulan. Ikan ini tahan terhadap perubahan lingkungan serta dari serangan penyakit dan virus. Nila juga termasuk omnivora sehingga bisa diberi pakan apa saja. Banyak konsumen yang menyukainya karena rasanya lembut dan gurih. 

 

  • Ikan Mas 

Ikan Mas sangat mudah dibudidayakan karena bisa diternak di kolam tanah, terpal, dan jaring terapung. Apalagi Indonesia merupakan negara tropis jadi sangat cocok untuk beternak ikan. Air yang digunakan pun bisa deras atau tenang. Emas dipanen saat berusia 6 bulan. 

 

Baca Lainya:  Melirik Bisnis Jahit Online Yang Sedang Trend
  • Ikan Lele

Banyak konsumen menyukai ikan lele karena rasnya lembut, gurih, dan renyah. Lele juga sangat mudah budidayanya karena punya daya tahan tubuh paling kuat dari ikan tawarn lainnya.

Perawatan ikan ini pun cukup mudah karena hanya tinggal menyediakan kolam dan pakan. Perhatikan jangan sampai kekurangan pakan karena akan memakan sesamanya. 

 

  • Ikan Bandeng 

Ikan bandeng sangat lezat dikonsumsi baik bandeng biasa maupun yang sudah dijadikan pindang. Dagingnya lezat dan gurih cocok dimakan dengan sambal.

Biasanya, ikan ini dibudidayakan di pinggir pantai dengan membuat tambak karena bandeng memerlukan air dengan kandungan garam sedang. 

Budidaya ikan air tawar memberi banyak keuntungan karena bisa cepat dipanen dengan hasil melimpah. Anda bisa budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan karena perawatannya mudah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.