Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan, Omset Ratusan Juta

Jadiberkah.com – Hidup di negara tropis memberi banyak keuntungan tersendiri. Alam yang subur memungkinkan untuk bercocok tanam dan berternak. Bahkan budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan juga karena alasan sama. Alam Indonesia yang subur.

Usaha budidaya ikan air tawar kini dipandang sebagai salah satu usaha dengan hasil menguntungkan. Hal ini didukung oleh mayoritas penduduk yang menggemari ikan sebagai lauk utama pendamping nasi. Sehingga produk dari ikan selalu laris di pasaran.

Jenis Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan 

Semakin banyak permintaan ikan, semakin besar peluang para peternak dalam meraih untung. Tidak jarang dalam satu kali panen bisa meraup omset hingga ratusan juta. Berikut ini adalah jenis ikan yang paling banyak diternakkan dalam budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan.

Baca Lainya:  Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa dari Internet, Gak Ada Salahnya Dicoba!
  • Lele

Lele sudah lama menjadi andalan para peternak. Hal ini disebabkan oleh cara pemeliharaan yang relatif gampang, dan modal yang dibutuhkan juga sedikit. Jika cara pemeliharaan sudah benar, dalam tempo kurang dari tiga bulan ikan sudah siap panen.

  • Patin

Kebutuhan akan daging Patin nyaris sama besarnya dengan ikan lele. Bahkan karena terus menerus kekurangan daging ikan ini, akhirnya pemerintah harus mengimpor. Daging Patin tersebut diimpor dari negara Vietnam.

Patin tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai ikan segar. Namun juga sering diolah menjadi berbagai olahan ikan lain. Contohnya diolah menjadi bakso ikan,siomay ikan, nugget dan berbagai jenis olahan lain.

  • Mas

Ikan mas sudah semenjak dahulu dikembangbiakkan oleh peternak tradisional di Indonesia. Pemisahan telur ikan mas telah ditemukan semenjak tahun 1860 dan masih dipakai sampai sekarang. Ikan ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan untuk mencapai usia cukup panen. 

  • Gurame

Gurame di luar negeri lebih umum sebagai ikan hias, lain halnya dengan Indonesia. Di sini Gurame menjadi ikan konsumsi dan banyak dibudidayakan. Idealnya ikan ini siap panen jika telah mencapai berat 0,5-1 kg/ekor. Jangka waktu yang dibutuhkan untuk panen, sekitar 5 bulan. 

Demikian jenis usaha ikan air tawar yang paling menguntungkan dengan omset mencapai ratusan juta. Semoga Bisa menjadi masukan bagi Anda yang masih bingung ingin membudidayakan ikan apa. Selamat mencoba. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.