6 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Jadiberkah.com – Ikan merupakan makanan sumber protein yang sering dikonsumsi masyarakat karena harganya terjangkau. Anda mungkin sedang mencari cara budidaya ikan air tawar cepat panen agar hasil melimpah sehingga memperoleh banyak untung. Ada 3 cara yang harus Anda praktikan sebagai langkah awal yaitu :

  • Menyiapkan Lahan yang Baik 

Anda harus menyiapkan lahan untuk budidaya ikan dengan sebaik-baiknya agar bisa cepat panen. Tempat untuk ternak ikan tersebut bisa menggunakan kolam beton, kolam tanah, atau kolam terpal. Umumnya, tempat yang sering dipakai adalah kolam terpal karena biayanya hemat. 

 

  • Menyiapkan Benih Unggul 

Bibit unggul bisa mempercepat panen sekitar 20% – 30% dari waktu panen umumnya. Cara mendapatkan benih unggul yaitu dengan membeli bibit dari toko yang menjual benih unggul. Cara kedua yaitu dengan membuat bibit sendiri dari bibit unggul. Larva ikan yang unggul dan sehat akan cepat tumbuh menjadi ikan dewasa dan siap dikonsumsi. 

 

  • Beri Pakan Terbaik dan Vitamin

Beri pakan terbaik agar cara budidaya ikan air tawar agar cepat panen. Pakan terbaik bukan yang mahal atau eksklusif, tetapi yang sesuai dengan umur dan jenis ikan tersebut. Di samping itu, ikan juga butuh pakan tambahan (ekstra food) atau vitamin. 

Cara Budidaya Ikan yang Benar Agar Cepat Tumbuh Besar

Bila Anda sudah mengerti dengan persiapan yang harus dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui cara beternak dan merawat ikan agar cepat besar.

Baca Lainya:  Melirik Bisnis Jahit Online Yang Sedang Trend

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat ikan :

Lingkungan dan Suhu yang Benar 

Lingkungan yang mendukung maksudnya yaitu ketinggian dan suhu cukup dan pas untuk ikan. Contoh budidaya ikan mas membutuhkan ketinggian 150 – 600 MDPL. Suhu yang baik buat pengembangbiakan ikan yakni antara 25 – 30 derajat celcius. 

Pengelolaan Air dan Pencegahan Hama dan Penyakit 

Faktor kebersihan air harus diperhatikan agar ikan tumbuh sehat dan cara budidaya ikan air tawar cepat panen berhasil. Kondisi air yang baik harus dalam keadaan mengalir atau diganti secara berkala. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan ikan agar cepat besar. 

Selain itu, Anda juga harus mencegah dan merawat ikan dari berbagai hama dan penyakit yang biasanya menyerang ketika ikan masih kecil. Caranya adalah dengan menjaga air agar selalu sehat dan memisahkan ikan yang sakit.

 

Baca Lainya:  Paket Usaha Barbershop sebagai Peluang Bisnis Menguntungkan 

Panen Ikan 

Masa panen ikan biasanya saat berumur 2 sampai 3 bulan atau kira-kira berat ikan sekitar 300 gram – 400 gram per ekor. Anda harus memisahkan ikan yang layak panen dengan yang belum. 

Membudidayakan ikan air tawar sangat mudah dan hasilnya melimpah. Anda juga harus memperhatikan cara budidaya ikan air tawar cepat panen dari waktu semestinya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.