Apakah UangMe Pinjol Legal?

Tampilan awal Website Platform Pinjaman Online UangMe (Dokumentasi pribadi)

Pinjaman online atau biasa disebut dengan Pinjol adalah platform penyedia jasa pinjaman uang dengan system online, dapat berbasis website atau aplikasi. Layanan yang memungkinkan individu atau organisasi bisnis untuk dapat melakukan pinjaman melalui platform digital. Berbeda dengan pinjaman tradisional yang dapat dilakukan di Bank atau Lembaga keuangan konvensional, pinjaman online memanfaatkan perkembangan Teknologi dan jarngan internet untuk menyediakan proses pengajuan yang lebih mudah.

Meskipun pinjaman online dapat memberikan akses cepat ke rekening Anda. Penting untuk diingat bahwa tingkat suku bunga mungkin akan lebih tinggi dibandingkan dengan pinjama tradisional, tentunya seiring dengan berbagai macam kemungkinan risiko yang akan dihadapi ketika tidak memiliki kemampuan untuk melunasi kembali pinjaman tersebut. Oleh karena itu, pentingnya untuk membaca kembali dan memamhami syarat dan ketentuan dengan cermat sebelum melakukan pinjaman online. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan agar menggunakan penyedia layanan pinjaman online yang sah dan terpercaya.

Indonesia memiliki cukup banyak Lembaga pnjaman online yang sudah negantongi izin operasi dan berada langsung dibawah naungan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tidak semua Lembaga pemberi pinjaman ini dapat dikatakan aman, sebagian besar masih berstatus Legal dan Ilegal. Tak terkecuali dengan Pinjaman Online UangMe.

 

Beberapa Fitur dan Kelebihan dalam menggunakan Platform UangMe (Sumber: Website UangMe)

UangMe adalah adalah platform Fintech Lending yag memenangkan penghargaan Inclusive Fintech 50 di 2020. UangMe telah berizin dan diawasi oleh OJK sejak Januari 2021 dengan surat Keputusan KEP-4/D.05/2021. Berdasarkan data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pertanggal 3 Januari 2024, UangMe terdaftar dan berizin dari OJK dengan nomor registrasi S-76/D.05/2018. Dengan demikian, UangMe dapat dipastikan sebagai pinjol yang Legal. UangMe juga menampilkan suku bunga secara transparan, Alamat kantor yang jelas, memiliki layanan pelanggan customer services, system penagihan gagal bayar yang patuh pada kode etik OJK, seluruh pengurus direksi serta komisaris professional memiliki pengalaman dalam industri keuangan serta lolos fit and proper test dari OJK. Data pribadi aplikasi para pengguna diambil dengan izin jelas serta dilindunngi oleh kebijakan privasi.

Baca Lainya:  Toserba Tokma CKM Karawang

 

Status Legal dan diawasi secara resmi oleh OJK, UangMe juga memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan, tampilan yang menarik pada Website maupun Aplikasi, akses pengajuan pinjaman juga cukup mudah dan cepat, UangMe menjadi salah satu platform Pinjaman Online yang banyak digunakan di Indonesia, berikut ini adalah beberapa alasannya:

 

Ilustrasi Gambar Uang (Pinjaman Online,Sumber: Freepik)
  1. UangMe mengantongi Izin, Terdaftar dan diawasi oleh OJK

UangMe sudah memiliki izin, terdaftar, diawasi dan berada dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) izin yang dimiliki tentunya menunjukan bahwa Perusahaan Pinjaman Online tersebut dinyatakan Resmi dan Legal.

  1. Suku Bunga UangMe Transparan

Hal yang sangat wajar ketika seseorang akan mengajukan pinjaman dan harus mengetahui estimasi berapa biaya cicilan perbulan yang harus dibayarkan, UangMe menampilkan perhitungan bunga secara transparan. Di halaman depan, UangMe menyediakan kalkulator untuk melakukan simulasi kredit. Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran dan memperhitungkan besarnya pembayaran kredit berdasarkan simulasi plafon dan tenor

  1. Pembatasan Bunga UangMe Maksimal 0,4% per Bulan
Baca Lainya:  Apa Ciri-ciri Pinjol Legal?

Adanya izin resmi yang dikeluarkan oleh AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) yang Menentukan bahwa bunga pinjaman online paling besar adalah 0,4% per hari. Tidak boleh lebih besar dari ketentuan tersebut, ini harus dipatuhi oleh semua Perusahaan pinjol yang sudah mengantongi izin resmi dari OJK.

  1. Kebijakan Privasi untuk Melindungi Data Pribadi

Data Pribadi adalah salah satu hal yang sangat sensitive bagi banyak orang. Jika Data Pribadi tidak dilindungi dan disalahgunakan, maka akan terjadi banyak hal yang tidak diinginkan. UangMe juga berkomitmen dalam menjaga kerahasiaan Kebijakan Privasi dan Data Pribadi Pengguna, Pengelolaan Data Pribadi termasuk jenis, perlindungan, penyimpanan, disampaikan oleh Perusahaan secara transparan

  1. Alamat Kantor Perusahaan Jelas

Perusahaan Pinjol Legal dan diawasi secara resmi oleh OJK, pasti memiliki alamt kantor yang jelas. Calon peminjam bisa datang ke kantor jika terdapat beberapa hal yang dibutuhkan. Alamat kantor tersebut juga dapat dicek melalui situs atau aplikasi. Dalam peraturannya, OJK menetapkan bahwa Pinjol resmi wajib memiliki alamt kantor yang jelas, disurvei oleh OJK dan dapat dengan mudah ditemukan melalui Google.

  1. Terdapat Layanan Pelanggan dan Customer Services

Semua Perusahaan Fintech yang secara resmi diawasi oleh OJK diharuskan untuk memiliki layanan pelanggan, hal ini bertujuan untuk menangani keluhan konsumen secara professional. Kebijakan layanan dan SOP yang berlaku dapat dibaca pada situs resmi Perusahaan. Selain itu, Perusahaan pinjol tersebut akan memiliki akun sosial media  resmi, yang berguna untuk mengetahui segala rutinitas dan kegiatan Perusahaan

  1. Tanggapan Gagal Bayar oleh Perusahaan Sesuai dengan Hukum
Baca Lainya:  Daftar harga dan fasilitas hotel di Ayutthaya thailand

Untuk memastikan penagihan gagal bayar dilakukan secara etis, perusahaan pinjaman online yang terdaftar harus patuh pada kode etik AFPI. Tenaga penagih harus disertifikasi oleh AFPI, dan perusahaan wajib menyusun etika penagihan yang diatur dalam perjanjian alih daya dengan pihak ketiga.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Uangme adalah pinjol yang legal. Uangme terdaftar dan berizin dari OJK, serta memiliki ciri-ciri pinjol legal lainnya. Oleh karena itu, masyarakat dapat merasa aman dan nyaman menggunakan layanan Uangme. Namun, masyarakat tetap harus bijak dalam menggunakan layanan pinjol, baik yang legal maupun ilegal. Pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pinjaman sebelum mengajukan pinjaman.

Denis Okta Kurniawan
Latest posts by Denis Okta Kurniawan (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.