Cara Tepat Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Jadiberkah.com– Usaha ternak memang selalu berkaitan dengan masa panen yang relatif singkat. Bahkan usaha ternak sendiri memiliki prospek yang besar sehingga dengan itu tidak salah jika Anda memilih usaha ternak sebagai usaha yang digeluti dalam menambah penghasilan. Salah satu jenis usaha yang berkaitan dengan ternak ialah ternak bebek. Berbeda dengan ternak bebek petelur, maka ternak bebek pedaging harus lebih fokus pada penggemukan ukuran bebek. Dengan adanya perbedaan ini maka ada beberapa aspek produksi dan cara tepat untuk beternak bebek pedaging yang perlu Anda ketahui.

Female duck swimming in the water in ditch in park Hitland in the Netherlands

Pada umumnya dari sekian banyak pelaku usaha ternak bebek pedaging, mereka lebih cenderung menyukai pembelian jenis DOD yang mana sebagai langkah awal usahanya dibandingkan bermain dari muara dengan membeli indukan. Sebab cara pertama bisa memberikan suatu keringanan bagi para pelaku usaha tanpa perlu berkecimpung dengan urusan mengurus perkawinan, indukan hingga pemeliharaan telur.  Adapun cara yang bisa dilakukan agar berhasil Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen antara lain adalah.

Tahapan Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Menyiapkan Bibit Bebek Pedaging (DOD)

Untuk di tahap pertama beternak bebek pedaging yang perlu Anda persiapkan adalah, pertama persiapkan kandang khusus bibit (DOD) sebagai proses pembesaran awal dan pemilihan DOD yang unggul. Tahap ini dapat  berpengaruh pada keberhasilan proses penggemukan. Disini Anda membutuhkan kandang khusus yang memiliki efek penghemat yang terasa hingga bagian tiap sudut kandang.

Baca Lainya:  Mau Bisnis Fotocopy? Ketahui 3 Ancaman Usaha Fotocopy!

Pada umumnya, satu kandang hanya berukuran 1 meter dan bisa menampung kisaran 40 ekor bibit. Kandang harus memiliki luang angin dan sanitasi dengan penutup khusus yang dapat dibuka tutup dengan mudahnya. Sedangkan untuk tips DOD ada baiknya pilihlah jenis peking yang memiliki kecenderungan badan lebih besar atau jenis hybrid khusus dari hasil perkawinan lokal dan peking, jenis ini pun memiliki kualitas yang baik walau tidak besar dan bongsor seperti peking.. pastikan juga kalau kondisi DOD sehat dan tidak cacat.

Masa Perkembangan Bibit

Pada saat bibit (DOD) mulai membesar dan mulai bertumbuh bulu dewasanya, maka Anda dapat memindahkannya ke kandang pembesaran. Kanang ini pun ada baiknya berkaki dengan ketinggian berkisar 20 cm agar anakkan kecil tidak diganggu oleh hewan lain. Selain itu, membantu untuk memudahkan Anda dalam proses pembersihan kandang dan menjaga ke kelembaban kandang. Dalam masa ini, yang paling penting adalah Anda perlu memperhatikan pakan. Disini Anda bisa memberikan aneka jenis pakan yang sifatnya guna membantu meningkatkan pertumbuhan dan membentuk massa otot si bebek diantaranya dengan memberikan pakan berupa tepung ikan, bekatul, tepung jagung dan tepung cangkang. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran sejenis batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu dan aneka jenis sayuran lainya serta tambahkan voer dan aneka biji-bijian untuk selingan.

Baca Lainya:  Langkah Awal dan Modal Ternak Bebek 

Masa Pembesaran

Di tahap lanjutan, jika bebek sudah berusia 5 minggu atau usia dewasa. Di masa ini Anda disarankan untuk memindahkan kembali bebek ke kandang dewasa dan mulai berfokus pada penggemukan. Hal ini tentunya Anda membuat kandang dengan ukuran lebih besar. Anda juga bisa membuat kandang dengan alas tanah dan pemberian kapur serta pasir untuk alas guna menjaga kelembabannya. Untuk soal pakan, tahap ini sebenarnya serupa dengan tahap yang kedua. Pasalnya pakan tersebut memang khusus untuk membantu menambah berat badan secara signifikan. Sedangkan untuk cara ternak bebek pedaging sendiri optimalnya Anda dapat menambahkan sedikit cacahan kencur. Masa ini juga akan berakhir jika bebek sudah berusia 40 hari dan siap panen.

Baca Lainya:  Dimanakah Bank Terbaik Untuk Investasi Emas

Demikian pembahasan diatas, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.