Cuma Butuh Ini! 4 Modal Usaha Bakso Sapi Rumahan

Jadiberkah.com – Bakso sapi merupakan makanan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tak heran jika banyak pengusaha yang ingin meraup keuntungan dari bisnis kuliner ini. Kabar baiknya, modal usaha bakso sapi tidak harus besar.

Untuk memulainya, Anda bisa mulai dengan skala rumahan terlebih dahulu. Bahkan, alat-alat yang dibutuhkan pun bisa menggunakan apa yang sudah ada di rumah. Dengan demikian, resiko kerugian yang mungkin terjadi bisa diminimalisir.

Berikut ini adalah beberapa modal usaha bakso sapi yang bisa Anda persiapkan sebelum benar-benar turun ke dunia ini.

Modal usaha bakso sapi rumahan

Alat produksi

Alat penghalus daging merupakan modal usaha bakso sapi yang utama. Namun bukan berarti Anda harus membeli mesin dengan harga yang sangat mahal. Sebagai awal bisnis rumahan, Anda bisa memanfaatkan alat-alat yang telah dimiliki di dapur.

Misalnya saja blender atau food chopper. Anda juga bisa menggunakan penggiling manual yang sekarang sudah banyak dijual di marketplace dengan harga sangat terjangkau.

Bahan mentah

Modal selanjutnya yang harus Anda miliki adalah daging beserta bumbu-bumbunya. Jangan lupa untuk selalu menakar jumlahnya sesuai resep yang telah diuji coba sebelumnya. Anda bisa mencari supplier daging segar yang terpercaya.

Hal ini sangat penting, mengingat kesegaran daging juga akan mempengaruhi rasa bakso yang dihasilkan. Bumbu-bumbunya pun demikian. Lakukan survey tentang ketersediaan bahan-bahan yang akan digunakan setiap harinya.

Tempat penyimpanan

Apabila memiliki budget sedikit lebih banyak, Anda bisa membeli freezer box untuk menyimpan bakso yang sudah jadi. Namun jika masih memproduksi dalam jumlah sedikit, freezer dalam lemari es juga bisa Anda gunakan.

Tentunya, jumlah stok yang ada berpengaruh pada tempat penyimpanan. Bakso yang sudah jadi juga bisa dipasarkan dalam bentuk frozen. Ini akan sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan.

Tempat berjualan

Saat ini, semua orang bisa membuka warung tanpa harus menyewa tempat. Banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu penjualan via online. Apalagi di masa pandemi ini memang lebih banyak orang yang memilih untuk berbelanja secara online. Jadi sekurangnya dapat membantu Anda agar tidak terlalu repot memikirkan tempat usaha.

Itulah 4 modal usaha bakso sapi rumahan yang sangat ramah di kantong. Sangat disarankan bagi pemula yang masih baru akan merintis bisnisnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.