Apakah Ternak Bebek Menguntungkan? 

Jadiberkah.com – Di era kemajuan zaman yang telah berkembang dengan begitu pesatnya ini, memang tidak dipungkiri jika telah banyak sekali melahirkan wirausaha baru yang memanfaatkan adanya peluang. Dengan tingginya jumlah peminat daging dan telur bebek yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, membuat bebek menjadi populer dan mulai banyak diburu oleh sebagian masyarakat untuk membuatnya sebagai ladang usaha atau hanya sekedar mengkonsumsinya lantaran rasanya yang nikmat dan bergizi.

Ducks geese poultry in the farm

Nah, kalau pun Anda bertanya-tanya Apakah Ternak Bebek Menguntungkan? Maka jawabannya ada di bawah ini! karena pada kesempatan ini, disini kami akan membahas apa saja keuntungan ternak bebek dan bagaimana cara memulai usaha budidaya ternak bebek yang menguntungkan. Yuk langsung saja disimak baik-baik pembahasan dibawah ini.

Mengenal Ternak Bebek

Seperti yang kita ketahui bahwasanya bebek adalah jenis hewan dengan tekstur daging yang sedang dan memiliki sedikit serat, makanan olahan bebek sendiri banyak kita jumpai pada rumah makan yang menyediakan menu masakan lokal. Namun dengan seiring berkmebangnya zaman ternak bebek sendiri dibagi dua yakni ternak bebek petelur dan ternak bebek pedaging.

Baca Lainya:  Contoh Investasi Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Sedangkan untuk cara membudidayakan bebek petelur bisa dibilang sedikit kompleks, pasalnya melibatkan beberapa hal. Sedangkan ternak bebek pedaging jauh lebih mudah namun nilai keuntungannya lebih besar dari bebek petelur, sehingga lebih mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Selain itu, perlu juga Anda ketahui bahwa ada dua jenis bebek pedaging yakni bebek peking dan juga bebek hibrida. Keduanya pun memiliki tekstur daging lebih lembut dan rasa yang cenderung lebih gurih. Sehingga tak heran kalau daging bebek ini sangat laris manis dipasaran.

Cara Tepat Beternak Bebek Menguntungkan

Mempersiapkan Lokasi Kandang

Tempat adalah hal pertama yang harus diperhatikan sebab kandang merupakan kebutuhan penting untuk hewan ternak. Ada pun yang perlu diperhatikan mengenai kandang bebek adalah:

  • Buatlah kanang dengan senyaman mungkin dan tak lupa untuk selalu membersihkan kandang dari kotoran
  • Dinding utama pada kandang upayakan tertutup, tujuannya supaya bebek tidak melihat binatang lain yang membuat si bebek gelisah
  • Tempat makan dan minum yang bersih
  • Kandang dengan pencahayaan yang baik
  • Kelembaban udara berkisar 60%
  • Buatlah ukuran kandang yang sedikit luas agar tidak terlalu sempit
  • Sediakan sedikit ruang untuk Anda ketika hendak mengambil telur maupun bebeknya
Baca Lainya:  Kalau Punya Mobil Pribadi Buat Usaha Apa?

Pembibitan

Pada tahap pembibitan, disini Anda harus dapat memilih bibit bebek petelur atau bebek pedaging yang baik untuk di ternak. Bebek petelur adalah bebek yang nantinya Anda ambil telurnya sedangkan bebek pedaging merupakan bebek yang diambil dagingnya. Jadi, upayakan untuk Anda memilih bibit yang berkualitas agar hasilnya juga baik.

Perawatan Bebek

Jika kandang dan bibit sudah dipersiapkan dengan baik, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memproses bebek. Karena di tahap ini akan menentukan seperti apa langkah selanjutnya. Adapun beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan diantaranya:

  • Mengelompokan bebek dengan ukurannya dengan tujuan supaya dapat meminimalisir risiko penyakit lebih kecil
  • Menyimpan bebek di kandang yang bersih
  • Rutin membersihkan kandang
  • Menjaga kualitas pakan dan minum untuk bebek
  • Segera mengambil tindakan pada bebek yang sakit
Baca Lainya:  Peluang Usaha Ikan di Desa Bisa Untung Ratusan Juta

Nah, jadi itulah cara beternak bebek yang dapat Anda perhatikan. Walau terlihat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tetapi dalam prosesnya sebagai pelaku ternak Anda juga perlu memiliki semangat yang tinggi dan selalu konsisten untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Jadi, kalau ditanya apakah ternak bebek menguntungkan, maka jawaban nya “ Ya!” karena dengan melihat ulasan di atas, kita sudah bisa melihat prospek dari ternak bebek itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.