Begini Cara Membuat Google Sheet Bisa Diakses Semua Orang dengan Mudah

Jadiberkah.com – Masih banyak yang belum tahu kalau ternyata Google tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan file secara online. Tapi, juga bisa dimanfaatkan untuk membuat Google Sheet yang mana filenya tersebut bisa diakses oleh semua orang. Sehingga membuat pekerjaan Anda dapat selesai dengan lebih mudah dan tidak perlu lagi untuk mencetaknya sebab bisa langsung terakses.

Banyak sekali manfaat yang didapat bila mengakses atau membuat data berupa angka di Google Sheet, sebab secara tidak langsung Google Sheet juga memiliki fitur yang sama dengan Ms. Excell. Namun bedanya, file yang ada pada platform tersebut bersifat onlie, sehingga bila Anda ingin menggunakannya harus terkoneksi dengan internet. 

Istilah dalam Google Sheet 

Sebelum memulai membuka Google Sheet, tidak ada salahnya untuk mengetahui istilah yang ada. Mengetahui istilah tersebut pun akan mempermudah kinerja Anda saat menggunakan Google Sheet. 

    • Row : sel horizontal 
    • Column : seri vertikal
  • Function : pengoperasian internal dalam Google Sheet yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan perhitungan secara cepat, dan sebagainya. 
  • Cell : satuan berbentuk kotak di Google Sheet 
  • Formula : rumus untuk membuat hasil tertentu dari column, cell maupun row
Baca Lainya:  TANGIS HARU SAMBUT KEMBALINYA 9 SISWA SMP JUARA BANDUNG DARI PROGRAM KARANTINA TAHFIDZ

5 Cara Membuat Google Sheet Bisa Diakses Semua Orang

membuat google sheet

Google Sheet ini sama seperti Google Drive maupun Google Docs, yakni bisa dibagikan pada siapapun yang dikehendaki. Tidak sebatas membagikan saja, Anda juga bisa melindungi data yang tersimpan di dalamnya. 

Ada dua pilihan yang bisa diatur dalam Google Sheet. Pertama, melihat saja atau yang kedua, dapat melakukan pengeditan secara langsung. Kedua pilihan tersebut, jelas merupakan kelebihan yang menjadi pembeda antara Google Sheet dan Excel.

Membagikan File

Jika Anda ingin membagikan file yang ada dalam Google Sheet kepada semua orang yang berkepentingan. Maka berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan. 

  1. Klik File kemudian cari menu Share. Akan tetapi, Anda juga bisa langsung memilih klik Share jika ingin lebih ringkas. 
  2. Tambahkan alamat email orang yang ingin ditambahkan. 
  3. Pilih Permission Levels untuk setiap orang yang diizinkan mengakses. Ada dua pilihan di sini, yaitu View Only dan Can Edit. View Only membuat orang hanya bisa melihat tetapi tidak bisa melakukan pengeditan. Berbeda dengan Can Edit yang bisa digunakan untuk mengedit file di dalamnya. 
  4. Pilih menu Send. 
  5. Orang yang mendapat izin akses pun akan segera menerima notifikasi. 
Baca Lainya:  Cara membuat tombol berbagi atau tombol share ke sosial media menggunakan plugin Jetpack

Melindungi Data

Anda dapat juga membuat pengaturan demi melindungi data yang tersimpan dalam Google Sheet. Caranya tidak kalah gampang dengan cara memberikan izin orang lain untuk mengakses file tersebut. Begini langkah yang harus dijalankan. 

    1. Klik Data
    2. Klik Protected Sheets and Ranges
  • Tap Range atau Sheet demi melindungi seluruh file yang diinginkan. 
  • Tap Set Permissions untuk memberikan peringatan kesalahan bagi siapa saja yang akan ingin melakukan pengeditan. 

Google Sheet juga bisa diakses secara offline, sehingga tidak perlu risau ketika kehabisan kuota atau tidak ada akses Internet. Ini tentu sangat bermanfaat bagi penggunanya yang berada di daerah dengan sinyal kurang baik. 

Setelah mempelajari cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, Anda dapat mengaturnya sedemikian rupa. Sehingga bisa memasukkan siapa saja yang diinginkan untuk mengaksesnya. 

Pemakaian aplikasi ini juga sudah banyak digunakan oleh banyak orang, di antaranya adalah pekerja kantoran, anak sekolah, profesional, dan masih banyak lagi.

Baca Lainya:  Begini cara klaim PLN listrik gratis bisa lewat WA loh

Aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya dalam membuat data dalam bentuk angka yang membutuhkan angka pasti. Bahkan fitur penyimpanan secara otomatis nya juga menjadi daya tariknya sendiri.

Tapi untuk menggunakan aplikasi Google Sheet, pastikan dulu kalau perangkat Anda sudah terkoneksi dengan internet yah. Sebab perangkat ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.