Begini Langkah-Langkah Join Google Classroom Melalui Kode dan Email yang Mudah

join Google Classroom

Jadiberkah.com – Saat ini Google Classroom sudah menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh guru dan murid. Bukan tanpa sebab, pandemi yang terjadi belakangan ini membuat guru memutar otak. Dengan adanya aplikasi tersebut, membuat langkah-langkah join Google Classroom sangat membantu sekali, utamanya bagi pemula. 

Penasaran bukan dengan bagaimana cara untuk membuat Google Classroom yang ternyata sangat dibutuhkan pada saat ini? Meski, tidak dibutuhkan pada awal-awal pandemi, tapi setidaknya Anda tetap harus tahu cara untuk membuatnya.

Dibawah ini akan kami jelaskan pada Anda apa itu Google Classroom, berikut dengan cara join Google Classroom yang bisa Anda ikuti dengan mudah dan yang pasti bisa Anda serap ilmunya. Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Apa itu Google Classroom?

Sebelum membahas lebih lanjut membahas langkah masuk untuk join Google Classroom, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang aplikasi tersebut. Google Classroom merupakan aplikasi khusus yang dibuat pihak Google untuk pengajar dan murid. Baik itu jenjang sekolah, kuliah, atau kelas lainnya. 

Aplikasi tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk bisa berinteraksi baik di dalam maupun di luar sekolah. Bukan hanya itu saja, memakai Google Classroom bisa menghemat kertas dan waktu. Sehingga bisa memudahkan memberikan tugas lebih teratur. 

Baca Lainya:  Vtube Resmi Atau Ilegal? Ini Jawabannya!

Kelebihan memakai Google Classroom adalah bisa menghubungkan dengan aplikasi lainnya. Seperti Google Docs, Google Drive, Google Sheets, dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa digunakan melalui smartphone, baik dari Play Store atau App Store. 

Langkah-Langkah Join Google Classroom

Setelah membahas tentang Google Classroom, selanjutnya adalah langkah-langkah join Google Classroom. Namun, sebelum masuk dalam aplikasi tersebut. Persiapkan akun Gmail masing-masing. Selanjutnya adalah penjelasan tentang cara masuk Google Classroom, bergabung dengan kelas, dan mengundang orang lain. 

Cara Masuk Google Classroom

Langkah pertama untuk masuk dalam aplikasi Google Classroom adalah login dengan memakai email. Kemudian cari icon Google Classroom yang letaknya di bagian pojok kanan. Biasanya letaknya tidak jauh dari aplikasi Google Drive. 

Buka Google Chrome agar bisa masuk Google Classroom. Ingat agar selalu memakai browser resmi Google. Klik sebuah tanda + jika ingin membuat kelas atau grup baru. Bukan hanya itu saja, tanda + juga bisa dipakai untuk bergabung dalam sebuah kelas atau grup. 

Baca Lainya:  Cara Membuat Google Form di HP, Sebelum Menggunakan Laptop

Cara bergabung Google Classroom memakai kode kelas

Bukan hanya cara diatas untuk masuk Google classroom. Ada cara lainnya untuk bergabung dalam grup kelas. Caranya buka aplikasi Google Classroom, ingat untuk masuk di dalamnya memakai akun yang benar. Bisa juga memakai akun yang lain, tapi ada pengaturannya tersendiri. 

Klik icon + dan pilih menu Gabung kelas. Akan muncul halaman baru. Masukkan kode kelas yang sudah dibagikan sebelumnya. Masukkan dalam kolom tersedia. Lanjutkan dengan klik Gabung. Sebagai catatan, kode kelas biasanya terdiri atas 6-7  karakter, campuran dari huruf dan angka. 

Cara bergabung dengan memakai undangan email

Selain memakai kode kelas, ada juga yang mengirimkan undangan dengan memakai email. Caranya buka program Gmail yang sudah dipakai untuk Google classroom. Pada undangan email, klik Gabung. Jika kelas tidak ditemukan, maka klik panah bawah dan masuk dengan memakai akun yang sudah dipakai untuk masuk Google Classroom. Klik Gabung. 

Baca Lainya:  Cara Transfer Shopeepay ke Dana dan Sebaliknya

Itulah langkah-langkah join Google Classroom, mudah sekali bukan! Hanya dengan mengikuti setiap petunjuk di atas, pengguna bisa langsung bergabung dalam grup kelas dengan memakai kode atau email. Google Classroom merupakan aplikasi khusus yang  dipakai oleh pengajar dan siswa yang memudahkan untuk berinteraksi baik dalam atau luar sekolah. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.