Apakah Skincare Termasuk Kosmetik? Simak Penjelasan di Bawah Ini, Ladies.

Jadiberkah.com – Apakah skincare termasuk kosmetik? Seringkali kebingungan tersebut semakin nyata ketika mendengar pernyataan seseorang yang mengatakan bahwa lebih memilih menggunakan skincare dibandingkan kosmetik.

Anggapan ini muncul karena jika diterjemahkan secara bebas, skincare berarti adalah perawatan wajah yang  isinya berbeda dibandingkan dengan kosmetik. Sementara kosmetik lebih diterjemahkan sebagai tata rias, yang kini menjadi nomor dua dibandingkan dengan perawatan wajah.

Pengertian Apakah Skincare Termasuk Kosmetik?

Kosmetik terdiri dari dua bagian besar, yaitu kosmetik yang berfungsi sebagai perawatan wajah dan yang berfungsi sebagai tata rias. Keduanya jelas memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda satu sama lain. Yuk, simak pembahasan berikut tentang apakah skincare termasuk kosmetik?

Pengertian 

Kata “kosmetik” berdasarkan KBBI merupakan obat atau bahan yang difungsikan untuk  mempercantik wajah, kulit, rambut, dan lain sebagainya (seperti bedak, pemerah bibir).

Kosmetik sendiri dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu sebagai kosmetik perawatan dan sebagai tata rias. Sebagai perawatan tentu saja bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit.  Sementara sebagai tata rias berfungsi untuk membuat tampilan lebih menarik dan mengoreksi kekurangan wajah.

Baca Lainya:  Telaah Sebelum Melangkah: Estimasi Perhitungan Bisnis Kue Basah

Skincare merupakan rangkaian perawatan kulit agar tetap sehat. Fungsi skincare lebih kepada mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, flek hitam, tanda penuaan dini dan lain sebagainya.

Ragam Kosmetik dan Skincare

Menilik dari pengertiannya, maka terdapat perbedaan yang nyata antara fungsi kosmetik. Mari Anda simak, apakah ini yang disebut skincare ada di dalamnya.

Kosmetik Perawatan

Kosmetik jenis ini digunakan sebagai perawatan sehari-hari yang terdiri dari pembersih wajah, toner, pelembab, dan  tabir surya. Ada pula yang termasuk perawatan berkala, yaitu eksfoliasi, masker, dan minyak esensial.

Jangan anggap sepele rangkaian dari produk kosmetik perawatan tersebut, sebab kurang lebihnya semua produk kosmetik perawatan tersebut sangat untuk kulit wajah, umumnya kulit wajah wanita.

Kosmetik Dekoratif

Kosmetik jenis ini merupakan kosmetik yang digunakan sebagai tata rias. Terdiri dari 3 bagian utama yaitu make up untuk wajah yang meliputi primer, alas bedak,concealer, bedak, bronzer, dan blush on.

Baca Lainya:  Kosmetik Terdiri dari Apa Saja? Ini Rangkaiannya!

Ada juga kosmetik dekoratif untuk  mata yang terdiri dari eye base, eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Tak lupa juga dekoratif untuk alis mata yang tak kalah pentingnya, yaitu pensil alis, dan maskara.

Sementara untuk bibir pun terdapat kosmetiknya tersendiri, yaitu pelembab bibir, scrub bibir, dan perona bibir. Menariknya, rangkaian kosmetik dekoratif yang digunakan di area bibir tersebut juga bisa diaplikasikan menjadi kosmetik wajah, sebut saja seperti blush on.

Skincare

Jika mendengar kata “skincare” yang akan diingat pastilah tentang perawatan tubuh. Produk skincare merupakan produk yang memiliki cara kerja dan bahan aktif tertentu.

Zat aktif ini  ditambahkan ke dalam formulasinya sehingga dapat berfungsi untuk merawat kulit. Bahan Aktif tersebut bekerja untuk mengatasi masalah kulit yang dialami oleh penggunanya. 

Setiap produk memiliki bahan aktif yang berbeda. Nah, zat aktif inilah yang membuat produk tersebut berfungsi dengan baik dan yang pastinya memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah.

Produk yang tergolong skincare adalah sabun pembersih muka, toner, bahan eksfoliasi, masker, serum, dan essence. Tak lupa juga terdapat pelembab wajah yang digunakan oleh jenis kulit tertentu. Terakhir adalah tabir surya.

Baca Lainya:  Parfum Apakah Termasuk Kosmetik? Simak 13 Pengelompokan Kosmetik

Nah, dengan penjelasan di atas, kini terjawab sudah pertanyaan apakah skincare termasuk kosmetik? Jawabannya ya. Skincare termasuk kosmetik yang berfungsi untuk merawat kesehatan kulit dan mengatasi setiap permasalahan kulit.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.