Cari Tahu Apa Saja Perbedaan Kosmetika dengan Obat

glowing

Jadiberkah.com – Kosmetika dan obat pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. Banyak yang bertanya apa perbedaan kosmetik dengan obat. Pertanyaan ini muncul karena ada produk kosmetik yang bersifat skincare atau mengandung bahan-bahan yang bersifat mirip seperti obat.

Sebelum membahas apa saja perbedaan keduanya, mari kita pahami dulu apa yang menjadi perbedaan di antara keduanya di bawah ini!

Pengertian Kosmetika dan Obat

Kosmetika adalah campuran bahan yang dipakaikan pada badan atau bagian tubuh dengan tujuan untuk membersihkan, memelihara, menambah daya tarik.

Bahkan juga mengubah rupa si pemakai. Pemakaiannya bisa dengan cara digosokkan, ditabur, dilekatkan, dipercikan atau disemprotkan. Namun, kosmetika bukanlah termasuk golongan obat.

Baca Lainya:  Menaker libatkan korban PHK ditengah wabah corona

perbedaan kosmetik dengan obat

Zat yang ada dalam kandungannya juga tidak mengganggu kulit wajah atau kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Obat merupakan bahan, zat atau benda yang digunakan untuk pengobatan dan pencegahan suatu penyakit yang dapat berpengaruh pada faal tubuh. 

Lalu apa yang menjadi perbedaan kosmetika dengan obat? Setiap perempuan wajib untuk mengetahuinya, sebab hal tersebut akan menjadi ilmu yang nantinya diturunkan kepada keturunannya.

Apa Perbedaan Kosmetika dengan Obat

Apa perbedaan kosmetika dengan obat bisa disimpulkan seperti berikut:

Fungsi Kosmetika dan Obat

Kosmetika berfungsi mencegah serta menanggulangi masalah kulit manusia. Secara keseluruhan kosmetika sama sekali tidak mengganggu kinerja kulit atau berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. 

Seperti skincare yang dijual bebas dan merupakan produk kosmetik. Skincare ini hanya bersifat memperbaiki atau melindungi agar terlihat baik tetapi tidak mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit. 

Baca Lainya:  Berapa Harga Skincare Lengkap? Inilah Faktor yang Membuatnya Berbeda

Sementara obat sangat berpengaruh terhadap struktur dan faal tubuh. Obat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit. 

Penjualan Kosmetika dan Obat

Umumnya kosmetika dijual secara bebas di pasaran. Harganya tergantung pada merek dan fungsinya. Sementara obat secara umum harus memakai resep dokter untuk bisa menggunakannya.

Walau ada obat yang dijual bebas tetapi ini biasanya hanya obat untuk penyakit ringan yang memang regulasinya bebas. Seperti vitamin atau obat batuk pilek. 

Dari penjelasan di atas, kiranya apa perbedaan kosmetika dengan obat menjadi kian jelas. Jangan salah lagi ya, saat menggunakan kosmetik atau obat.

Baca Lainya:  Spesifikasi Kamera Sony A7

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.