Apakah Lulusan SMK Bisa Jadi Dokter? Yuk Cari Tahu!

Jadiberkah.com – Apakah lulusan smk bisa jadi dokter ini seringkali jadi perdebatan. Selain dari riwayat pembelajaran, sekolah kejuruan ini memang disiapkan untuk lebih siap menghadapi dunia kerja. Tapi, mungkin tidak ya jika lulusan smk ini tiba-tiba menjadi dokter?

Daripada berlama-lama bingung mencari jawaban. Kulik Dulu Informasi detailnya dibawah ini. Agar Anda tercerahkan dan jelas sesuai faktanya. Yuk, simak!

Kira-kira Apakah Lulusan SMK Bisa Jadi Dokter Ya?

Ihwalnya fakultas kedokteran sangat jarang menerima lulusan sekolah kejuruan. Namun, untuk jurusan tertentu seperti kesehatan, farmasi, keperawatan kemungkinan masih ada kesempatan. Sebab, program pembelajarannya masih dinilai nyambung.

lulusan smk bisa jadi dokter

Sebagai informasi, untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit, peluang sekolah kejuruan biasa sangat kecil. Baik dari jalur reguler maupun jalur lainnya. Selain memiliki biaya yang cukup mahal, fakultas kedokteran juga membutuhkan fokus yang tinggi. 

Apalagi jika jurusan Anda seperti akuntansi, animasi dan digital, manajemen bisnis atau sejenisnya. Tentu Anda tidak dibekali materi terkait sains secara cukup bukan? Sehingga saat Anda ingin meneruskan ke fakultas kedokteran, terasa tidak pas. 

Namun, jika Anda merupakan lulusan kesehatan atau sejenisnya. Pasti pertanyaan terkait apakah lulusan smk bisa jadi dokter, akan terjawab

Baca Lainya:  Ini Nih 3 Cara Melamar Di Jobstreet Agar Dipanggil

Jurusan SMK Apa Saja yang Berpotensi Untuk Menjadi Dokter?

Seperti penjelasan di atas, berikut beberapa jurusan smk yang memiliki peluang untuk menjadi seorang dokter.

  • Farmasi

Di sekolah ini lulusan memiliki skill di bidang kesehatan yang cukup. Bergelut dengan aneka obat-obatan hingga perawatan medis yang cukup lengkap. Termasuk meracik resep, hingga menentukan diagnosa pasien secara ringan.

  • Keperawatan/Kebidanan

Sekolah kejuruan ini juga memiliki peluang lebih besar untuk menjadi seorang dokter. Apalagi bekal ilmu yang diberikan tentunya mendekati prodi universitas yang akan dilanjutkan.

Anda bisa melanjutkan ke jenjang universitas khususnya fakultas kedokteran lebih yakin. Jika Anda termasuk lulusan sekolah kejuruan tersebut.

Intinya, harus ada sinkronisasi antara jurusan di sekolah kejuruan dan fakultas kedokteran. Sehingga akan memudahkan lulusan menerima pembelajaran.

Bagaimana, makin jelas bukan pertanyaan seputar apakah lulusan sekolah menengah kejuruan bisa jadi dokter ini. Sehingga Anda tak perlu bingung lagi ya.

Baca Lainya:  Trik sukses presentasi kuliah

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.