Jurusan Kuliah Untuk Perusahaan Pertambangan

Jadiberkah.com  – Jurusan Kuliah Untuk Masuk Perusahaan Pertambangan – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR). Tidak hanya menghasilkan lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang hanya berkiprah di bidang akademik, tetapi juga sebagai praktisi dan teknisi kesehatan.

Tidak hanya berkecimpung di instansi kesehatan, tetapi juga di berbagai sektor sosial maupun industri atau perusahaan. Muhammad Adam Ardiansyah adalah salah satu Alumni FKM UNAIR kelahiran Madiun, Dan saat ini menjadi salah satu staf Industrial Hygiene di PT Freeport Indonesia (Fresh Graduate Program-Underground Mine Industrial Hygiene) mulai Januari 2019 hingga sekarang.

Baca Juga : Franchise Murah dengan Keuntungan Melimpah

PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah Perusahaan Pertambangan mineral afiliasi dari Mining Industry Indonesia (MIND ID). Konsentrasi pemasaran ke seluruh dunia dan terutama ke smelter tembaga dalam negeri, PT Smelting. Dan beroperasi di daerah dataran tinggi terpencil yang berada di Pegunungan Sudirman, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia.

Baca Lainya:  3 Resiko Usaha Fotocopy yang Harus Dipertimbangkan Bagi Pemula

Menjadi salah satu staf Industrial Hygiene di PT Freeport Indonesia merupakan tantangan besar bagi saya. Bagaimana memastikan lingkungan kerja di tambang bawah tanah agar tetap aman dan sehat bagi semua pekerja.

PT Freeport Indonesia merupakan tempat dimana kita dapat belajar dari tenaga ahli yang berpengalaman dan kompeten tentunya. Banyak hal baru yang bisa dipelajari ketika memasuki dunia kerja. Apalagi di dunia pertambangan bagi lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Seorang mahasiswa memilih kesehatan lingkungan (Kesling) saat kuliah di FKM UNAIR. Dinas Kesling membuatnya menarik karena dapat melakukan pemantauan lingkungan dengan baik dan sistematis. Sehingga diperoleh hasil yang akan digunakan untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Baca Lainya:  5 Tips Melamar Pekerjaan Bagi Pemula, Wajib Coba! 

Bagaimana Cara Masuk Perusahaan Pertambangan?

Di jurusan Kesling ini sering dilakukan kuliah lapangan dan kunjungan dinas. Sehingga ia dapat mengetahui penerapan ilmu yang telah dipelajarinya selama kuliah dan mengetahui job description setelah lulus menjadi SKM.

Mulai dari penyusunan dokumen lingkungan pertambangan, pengukuran lingkungan kerja pertambangan, pengelolaan limbah, pengendalian hama di tambang bawah tanah. Hingga pengelolaan bahan beracun berbahaya (B3) yang semuanya ia pelajari selama kuliah.

Menjadi mahasiswa aktif, seorang mahasiswa juga disibukkan dengan beberapa organisasi selama masa perkuliahannya. Seperti BEM FKM UNAIR 2015-2017 dan Forum Mahasiswa Madiun Surabaya 2014. Demikian informasi tentang Jurusan Kuliah Untuk Masuk Perusahaan Pertambangan semoga bermanfaat.

Baca Lainya:  Perhatikan, Ini 5 Cara Belajar Usaha Rongsokan Tanpa Modal

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.