Apa Perbedaan Kosmetik dan Skincare? Anda Wajib Tahu

perbedaan kosmetik dan skincare

Jadiberkah.comApa perbedaan kosmetik dan skincare? Kalimat itu biasanya ditanyakan oleh mereka  yang baru mengenal kosmetik. Kata kosmetik sendiri mengacu pada bahan atau obat yang dimanfaatkan untuk memperbaiki tampilan wajah.

Sementara “Skincare” sendiri diterjemahkan dengan perawatan kulit yang difungsikan untuk mencegah dan mengatasi masalah pada kulit wajah.

Apa Perbedaan Kosmetik dan Skincare?

Apa perbedaan kosmetik dan skincare?  Jika melihat dari fungsi pengaplikasian keduanya akan terlihat perbedaanya. Simak penjelasan berikut tentang fungsi dan manfaatnya.

perbedaan kosmetik dan skincare

Kosmetik

Kosmetik terdiri dari dua bagian besar yaitu kosmetik perawatan dan kosmetik tata rias. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. 

Kosmetik Perawatan 

Kosmetik perawatan digunakan setiap hari dan difungsikan untuk merawat kesehatan, kebersihan serta mencegah timbulnya penyakit kulit. Kosmetik ini melingkup sabun pembersih muka yang berfungsi sebagai pembersih kulit hingga tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

Baca Lainya:  Duo Fibre Brush untuk Apa? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Kosmetik Tata Rias

Kosmetik tata rias terdiri dari bahan dasar riasan mulai dari primer hingga perona bibir. Dari namanya sudah jelas bahwa kosmetik ini digunakan untuk memperbaiki tampilan wajah dengan cara menutupi atau mengoreksi kekurangan wajah. 

Kosmetik ini didominasi dengan penggunaan warna yang beraneka ragam untuk semua tampilan kulit yang dibutuhkan. Penggunaanya bukan sembarangan, melainkan untuk memberikan kesan natural dan flawless bagi yang memakainya.

Terdapat pula kosmetik tata rias untuk pemakai tertentu, yang membutuhkan warna-warna yang tajam, misalnya untuk pertunjukan seni atau acara khusus. Penggunaanya tentu saja disesuaikan dengan perhelatan tersebut.

Skincare

Keberadaan produk skincare mempunyai peranan yang amat besar untuk menjaga kulit tubuh dan wajah tetap sehat dan menawan.Produk yang digolongkan pada skincare bekerja dengan cara yang beragam, mulai dari melembabkan kulit, dan memberikan nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Tak lupa juga melindungi lapisan kulit dari penyakit kulit atau penuaan dini.

Baca Lainya:  Kamera Sony Terbaik Dan Termahal

Skincare memiliki formulasinya tersendiri. Sering kali di dalamnya diberikan tambahan bahan aktif yang memiliki fungsi khusus yang tidak ditemukan pada kosmetik biasa. Produk ini memiliki cara kerja yang difungsikan untuk merawat. mencegah, dan mengatasi permasalahan kulit penggunanya.

Bahan aktif yang ditambahkan memiliki khasiat yang berbeda-beda, namun akan bekerja secara langsung mengatasi masalah kulit yang diderita oleh penggunanya.Zat aktif yang ditambahkan tentu saja terbukti secara ilmiah memberikan efek dan manfaat   tertentu bagi kulit yang membutuhkannya.

Kekuatan bahan aktif dalam produk skincare ditentukan oleh konsentrasinya dan apakah produk bebas atau berdasarkan resep dokter.

Bahan aktif yang ditambahkan misalnya adalah AHA, BHA dan PHA yang berfungsi sebagai pengelupas kulit mati. ketiganya biasa ditemukan dalam produk sabun cuci muka, toner, exfoliator, essence, dan body lotion.

Baca Lainya:  Berapa Harga Skincare Lengkap? Inilah Faktor yang Membuatnya Berbeda

Menggunakan pembahasan di atas, pasti Anda kini sudah dapat menjawab pertanyaan apa perbedaan kosmetik dan skincare? Perbedaan besar terdapat pada fungsinya skincare yang membantu mengatasi masalah kulit serta adanya penambahan zat aktif tertentu.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.