Cara Backup Kontak Android ke Gmail dengan Mudah, Cek Tata Caranya!

cara backup kontak Android ke Gmail

Jadiberkah.comCara Backup Kontak Android ke Gmail aslinya cukup mudah, terpenting sesuai dengan tata cara yang ada. Backup data kontak memang diperlukan, mengingat banyak nomor penting yang jangan sampai dihilangkan.

Bisa jadi anda kebanyakan kontak membuat anda bingung bagaimana cara pencadangannya kalau HP eror atau sudah tidak bisa digunakan lagi. Pencadangan lewat kartu SIM bukanlah yang utama lagi, karena bisa saja hilang seiring kartunya rusak.

Jadi, di era digital ini pencadangan lewat akun online, Google bisa terlihat efektif, efisien, dan cukup membantu. Dengaan kemudahan teknologi, setidaknya kita tidak buta akan tawaran kemudahan yang ada di era saat ini. 

Cara Backup Kontak Android ke Gmail

Cara tersebut merupakan cara paling mudah sekaligus nyaman untuk memastikan kontak Anda selalu dicadangkan. Lantaran Google mempunyai integrasi dengan Android.

Baca Lainya:  Idul Fitri Menurut Islam dan Tradisi yang Mengiringinya

Layanan yang mampu terhubung dengan sangat baik mempunyai sistem operasi seluler yang banyak digunakan. Hal tersebut merupakan salah satu manfaat dari menyimpan kontak di server Google.

Apabila Anda memilih untuk memakai cara tersebut, maka kontak Anda akan selalu terhubung ke akun Google. Hal tersebut termasuk semua kontak yang saat ini sedang Anda tambahkan maupun hapus kapan saja.

Tata Cara Membackup Kontak Android ke Akun Gmail

Apabila ponsel Anda secara mendadak rusak, berhenti bekerja maupun berpindah perangkat. Anda tidak perlu bingung karena kontak Android yang tersimpan di Google mempunyai nomor di Cloud yang siap diunduh. 

  1. Buka Aplikasi pengaturan pada perangkat Android
  2. Memilih pilihan akun
  3. Mencari akun Gmail maupun Google Anda
  4. Masuk pada sinkronisasi akun
  5. Memastikan kontak sudah tercentang
  6. Membuka aplikasi kontak
  7. Ketuk tombol menu 3 baris
  8. Ketuk pengaturan
  9. Menekan Pengaturan sinkronisasi pada kontak
  10. Lakukan sinkronisasi kontak perangkat pada bagian bawah, kemudian pilih Kelola Pengaturan
  11. Aktifkan pencadangan dan sinkronisasi kontak perangkat secara langsung dan otomatis
Baca Lainya:  Umpan mancing ikan bawal

Salah satu data yang dianggap sangat penting dari sebuah ponsel adalah kontak telepon. Tidak hanya sekedar nomor telepon yang tersimpan. Namun, kemungkinan segala kegiatan bisnis akan terhenti dan bisa berhenti apabila Anda kehilangan nomor kontak telepon rekan bisnis. 

Maka tidak jarang seseorang kehilangan ponsel, sebagian dari mereka lebih memilih agar nomor kontak telepon tetap kembali. Bagaimana, Anda sudah tahu bagaimana cara backup kontak Android ke Gmail di atas? Mudah bukan? Selamat mencoba!

Baca Lainya:  Video Viral Di Duga Oknum TNI Memukul Petugas SPBU Wanita

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.