Bagaimana Cara Menyimpan Kontak ke Google? Simak Langkahnya Berikut!

cara backup kontak Android ke Gmail

Jadiberkah.com Sekarang, kita tidak perlu khawatir akan kontak yang hilang dari HP, karena sekarang ada sistem pencadangan dari HP yang memberikan beberapa opsi, salah satunya pencadangan kontak ke Google. Bagaimana cara menyimpan kontak ke Google?

Cukup gampang, Anda hanya menyiapkan perangkat anda bekerja secara pasti dan tidak terjadi error, dengan menyiapkan kontak yang akan dicadangkan terlebih dahulu. Penyimpanan di Google, adalah alternatif selain pencadangan di kartu SIM jika ada.

Penyimpanan di akun Google dianggap maksimal dan efisien. Mengingat, kecanggihan teknologi mendukung kemudahan yang ada. Apalagi Anda adalah orang yang penting, membutuhkan save data dan keamanan data tetap terjaga. 

Berikut cara lengkapnya!

Bagaimana Cara Menyimpan Nomor Telepon ke Google Drive?

Bagi Anda yang sudah mempunyai akun Google, fitur pada akun tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyimpan kontak telepon yakni, Google Drive. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menyimpan kontak ke Google Drive dengan cara benar.

Baca Lainya:  Gaji Karyawan Alfamart Per Bulan

Anda bisa menyimpan kontak ke Google Drive secara rutin untuk melakukan backup data penting seperti data kontak telepon. 

cara menyimpan kontak ke Google

Tata Cara Penyimpanan Kontak ke Google Drive Android

Cara menyimpan kontak ke Google Drive sangat berguna bagi Anda ketika handphone mengalami kerusakan maupun HP hilang.

Backup merupakan proses membuat data cadangan dengan melakukan penyalinan data asli sehingga Anda mempunyai file duplikat. 

Maka dari itu, Anda tidak perlu panik saat berbagi kontak penting yang berada di perangkat handphone akan hilang lantaran sebelumnya sudah dilakukan duplikat data alias backup. Berikut tata cara untuk men-save kontak di Google:

Baca Lainya:  Berapa Hari Lagi Lebaran Idul Adha 2021, Yuk Cari Tahu!
  1. Buka aplikasi kontak pada perangkat Android
  2. Pilih berbagi kontak
  3. Pilih opsi Simpan ke Drive
  4. Kemudian, Anda dapat mengganti judul kontak agar lebih mudah diingat, contohnya ubah dengan nama “nomor Handphone”
  5. Pilih Akun Gmail yang dituju untuk backup data kontak yang ada pada perangkat handphone
  6. Memilih opsi Simpan dan proses backup telah selesai

Itulah cara mudah dalam melakukan ekspor kontak yang terdapat pada perangkat ke akun Google Drive yang dapat diakses di berbagai perangkat secara mudah. 

Saat perangkat terhubung dengan internet, maka akun Google dapat diakses secara mudah sehingga penyimpanan data menjadi lebih aman.

Apabila Anda hanya melakukan backup pada kartu sim maka menjadi sulit dilakukan backup apabila handphone hilang dan kartu sim tidak ditemukan. Itulah informasi lengkap mengenai cara untuk menyimpan nomor kontak ke Google.

Baca Lainya:  8 Cara Melamar Kerja di Bank Mudah dan Sukses

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.