Berikut Langkah Memasukkan Data ke Google Sheet, Langkahnya Mudah dan Praktis

langkah memasukkan data ke Google Sheet

Jadiberkah.com Bagaimana langkah langkah memasukkan data ke Google Sheet? Sering ditanyakan oleh para pemula mengingat tidak semua paham dan akan terbiasa dengan fitur ini. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengunggah data ke Google Sheet.

Data juga bisa dijadikan grafik yang cukup mudah. Fitur bawaan Google ini menawarkan menu Autosaved (penyimpanan secara otomatis) dalam hal data. Tidak perlu repot disimpan dalam perangkat karena basisnya online (pengerjaannya).

Perangkat keras USB, PC, laptop, dan HP maupun smartphone hanya sebagai cadangan saja. Mengingat perangkat bisa menghilangkan data karena suatu hal. Makanya, pencadangan di Google Sheet bisa dilakukan. 

Simak penjelasan berikut mengenai cara memasukkan data dan membuat grafik di Google Sheet.

Langkah-langkah Membuat Data di Google Spreadsheet

Saat memakai aplikasi G-Suite, setidaknya Anda terbiasa dengan pekerjaan mengolah data dan angka, melalui Google Sheets misalnya. Jika baru menggunakan Google Sheets, maka perlu penyesuaian dalam menggunakannya. 

Jika terbiasa menggunakan laporan dalam bentuk grafik untuk kerja, maka perlu mempelajari tutorial atau cara pembuatannya di Spreadsheet, dan kita ketahui, grafik adalah salah satu penyajian data secara praktis. 

Baca Lainya:  Apa yang Dimaksud dengan Kosmetik? Ini Dia 3 Contoh Kosmetik yang Populer

Sebagai pemula, Anda sangat disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang sudah kami rangkum di bawah ini. Yuk simak caranya dengan cermat!

Membuka File Spreadsheet

Tahap pertama, masuk ke aplikasi Google Sheet terlebih dahulu melalui Google Drive. Sebelum itu, pastikan Anda sudah sign in ke Google Drive menggunakan alamat email yang masih aktif terlebih dahulu. Alternatif lainnya, cari laman Google Sheet melalui browser pada perangkat. File spreadsheet ini bisa dibuka leluasa dengan tampilan browser apabila menggunakan komputer atau laptop.

Membuat Sheet Baru

Agar bisa memasukkan data, buatlah sheet baru dengan klik pada ikon + yang memiliki keterangan blank. Namun, jika sebelumnya Anda sudah memiliki file dan hanya perlu melanjutkannya saja, maka langsung buka spreadsheet yang sudah ada. Tunggu hingga laman spreadsheet terbuka sempurna agar semua fiturnya dapat diakses secara leluasa.

Block Data yang Dibutuhkan

Lalu, bagaimana langkah memasukkan data ke Google Sheet? Lanjutkan dengan block data yang diperlukan dan ingin diubah ke dalam bentuk grafik. Caranya cukup mudah, yaitu tekan bagian header atau kolom abjad, lalu geser kursor hingga batas data yang dipilih. Keunggulan cara ini adalah nantinya Anda masih bisa menambah data di bawah baris yang sudah di block.

Baca Lainya:  Kata-Kata untuk Melamar Pekerjaan agar Dilirik HRD

Gunakan Menu Insert

Tahapan berikutnya, yaitu gunakan menu insert yang sudah tersedia di aplikasi Google Sheet. Dalam menu insert ini tersedia berbagai pilihan yang salah satunya berguna untuk membuat grafik. Klik pilihan chart agar muncul beberapa pilihan grafik yang bisa disesuaikan dengan data.

Pilih Tipe Grafik

Anda bisa langsung menyesuaikan tipe grafik yang diinginkan dengan cara klik menu chart type. Selanjutnya, ada berbagai pilihan model grafik yang muncul, mulai dari area, bar, scatter, line, column, pie, dan map. Pilihlah grafik yang paling sesuai dengan tipe file agar nantinya mudah untuk dibaca. Pastikan bahwa tipe grafik yang dipilih bisa memuat seluruh data dengan sempurna dan terlihat rapi.

Salin Grafik ke Laporan

Terakhir, chart yang sudah dibuat bisa langsung disalin untuk dimasukkan ke laporan. Data yang sudah diinput tersebut bisa dishare ke dalam Google Docs dengan hanya menyalinnya saja. Selain itu, grafik tersebut juga bisa langsung dibagikan dengan klik tombol share pada Google Sheet.

Baca Lainya:  7 Cara Menggunakan Google Spreadsheet, Apa Saja?

Sudah paham bukan langkah memasukkan data ke Google Sheet? Tampilan data yang dikelola menggunakan Google Sheet akan lebih mudah dibaca dan terlihat rapi. Tak hanya itu, pilihan grafik yang disediakan juga beragam, sehingga membuat tampilan data laporan tidak monoton.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.