Cara Membuat Spreadsheet di Google Form Agar Bisa untuk Urusan Data

cara membuat spreadsheet di Google Form

Jadiberkah.com Google Spreadsheet bisa diintegrasikan dengan Google Form, dan cara membuat spreadsheet di Google Form juga mudah. Fitur online tersebut bisa membantu pekerjaan secara gratis. Tetapi masih banyak orang yang bingung akan penggunaannya.

Penasaran bukan dengan cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk membuat spreadsheet di Google? Daripada penasaran, mending langsung aja simak ulasan menariknya di bawah ini yuk!

Cara Membuat Spreadsheet di Google Form untuk Melihat Hasil Analisis Formulir

Google Forms mengizinkan banyak orang untuk ikut dalam mengedit form Anda sebelum dilakukan pengiriman. Dengan asumsi bahwa Anda telah membuat form maupun spreadsheet untuk mengetahui hasil analisa dari form yang dikirimkan.

Apabila Anda baru pertama kali mengirim form dan bingung memberikan tujuan hasil respons berikut cara melakukan review informasi yang dikumpulkan melalui Form Anda. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat spreadsheet dari hasil pengisian formulir dari Google Form berikut tata caranya:

Baca Lainya:  Bagaimana Cara Membuat Google Sheet Bisa Diakses Semua Orang, Ada 4 Langkah!

Cara Melihat Penyimpanan Respon dalam Bentuk Sheet pada Google Forms

Pilih New Spreadsheet, New sheet in an existing spreadsheet, atau tetap dalam bentuk Forms. 

Apabila Anda memilih untuk menyimpan tanggapan dalam bentuk Form. Anda dapat memindah data Anda ke dalam Sheet usai klik Response > Change response destination dalam menu Forms.

Cara Melihat Respon Form 

Apabila Anda melihat respon dalam Form, klik Responses pada menu. Setelah itu, pilih Summary of responses untuk mengetahui informasi yang sudah dikumpulkan.

Respon yang sudah terkumpul akan ditampilkan dalam bentuk grafik yang menunjukkan sebaran respon. Jawaban untuk pertanyaan yang Anda ajukan dalam bentuk Form akan ditampilkan. 

Baca Lainya:  Cara membuat halaman Fans page Facebook

Dari hasil tersebut Anda tidak dapat memanipulasi data bagaimanapun caranya selama dalam bentuk tampilan tersebut. Apabila ingin melakukan manipulasi data, maka Anda harus masuk ke dalam Sheet.

Cara Menampilkan Data dalam Bentuk Sheet dari Google Forms

Untuk menampilkan data yang dikumpulkan dalam bentuk Sheet, Klik View response pada menu Forms. Nantinya, Sheet bakal terbuka pada jendela baru. Anda bisa melakukan akses data dengan membuka spreadsheet melalui Google Drive maupun Google Sheets. 

Satu-satunya data yang bakal Anda temukan selain pada Forms yakni, penanggulangan untuk tiap respon. Sekarang, Anda bisa melakukan format, pemberian grafik dan analisis data. Itulah cara membuat spreadsheet di Google Forms semoga bermanfaat yah!

Baca Lainya:  Cara membuat tombol berbagi atau tombol share ke sosial media menggunakan plugin Jetpack

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.