7 Cara Menggunakan Google Spreadsheet, Apa Saja?

Tampilan seperti Microsoft Excel ini membantu beberapa pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya. Ada berbagai cara menggunakan Google Spreadsheet. 

Jadiberkah.com Spreadsheet adalah salah satu aplikasi yang sering dipakai oleh pekerja lepas hingga tetap. Selain itu, pelajar juga iya, berdasarkan kebutuhan. Bagi kalian yang pemula, ada 7 cara menggunakan Google Spreadsheet yang mungkin Anda bisa terapkan. 

Perlu kita ketahui bahwa Spreadsheet merupakan sebuah aplikasi atau program komputer yang dipakai untuk mengolah data dan menampilkan data. Tampilan data berupa kolom atau baris. 

Jika hanya mempunyai satu cara dalam menggunakan Spreadsheet, maka berikut ini cara lain yang bisa ditempuh, apa saja? Yuk simak ulasannya sampai selesai!

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

Siapa bilang kalau mengoperasikan Spreadsheet itu sulit. Jika Anda mengetahui cara menggunakan Google Spreadsheet dengan baik dan benar. Maka tidak akan ada kesulitan ketika memakainya, karena sistemnya hampir sama dengan Microsoft Excel. Simak saja penjelasannya di bawah ini. 

Baca Lainya:  Pelajar Wajib Tahu Langkah-Langkah Memulai Google Spreadsheet yang Ternyata Mudah Sekali!
  1. Langkah pertama harus mempunyai akun Gmail, karena Spreadsheet merupakan salah satu bentuk layanan dari Google Chrome. Jika belum memiliki, segera buat. Tanpa adanya akun Gmail maka tidaka akan bisa menjelajahi layanan lainnya. 
  2. Jika sudah memiliki akun Gmail, selanjutnya adalah masuk dalam link Spreadsheet atau melalui aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store. 
  3. Di dalam browser akan muncul menu Start a New Spreadsheet. Klik Blank yang letaknya  di bawah kalimat tersebut. 
  4. Tampilan spreadsheet yang baru akan tampak kosong, hanya berupa garis dan kolom seperti yang ada di Microsoft Excel. 
  5. Anda bisa mengubah nama Spreadsheet yang baru sesuai dengan keinginan, caranya dengan ketik pada bagian Untitled Spreadsheet. 
  6. Silahkan isi kolom, sel, dan baris pada file spreadsheet sesuai dengan kebutuhan. 
  7. Anda bisa mengetik dan mengedit kapan saja dan dimana saja tanpa takut kehilangan file. Karena file yang ada di Spreadsheet akan langsung tersimpan secara otomatis. 
Baca Lainya:  Nggak Pake Ribet! Ini 3 Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Itulah cara menggunakan Google Spreadsheet yang mudah dan simpel. Bukan hanya digunakan di PC saja, bahkan aplikasi tersebut bisa digunakan di ponsel atau Android. Sehingga Anda akan lebih mudah memasukan dan mengedit data di dalamnya kapan saja dan dimana saja. Tinggal pilih, Anda menggunakannya di PC atau Android? 

Latest posts by Novita Ayudyawaty (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.