Begini Langkah Mudah Memasukkan Data ke Google Sheet

memasukkan data ke google sheet

Jadiberkah.comKalau dulu untuk membuat data dalam bentuk tabel harus menggunakan aplikasi Ms. Excel, kini sudah ada aplikasi yang jauh lebih mudah dan juga lebih aman dari virus, yakni Google Sheet. Untuk memasukkan data ke Google Sheet ternyata juga jauh lebih mudah, bahkan terbilang lebih fleksibel.

Untuk orang yang masih awam karena terbiasa memakai Ms. Excel kemungkinan menganggap kalau aplikasi Google Sheet lumayan sulit untuk dioperasikan, padahal nyatanya aplikasi tersebut kini sudah dipakai oleh banyak kalangan.

Ada alasan dibalik itu semuanya pastinya. Salah satunya adalah pemakaiannya yang jauh lebih fleksibel karena bisa digunakan di perangkat apa saja, dan yang terpenting data yang sudah dibuat akan tersimpan secara otomatis.

Lalu, bagaimana cara untuk memakai Google Sheet? Penasaran bukan? Yuk simak ulasannya sampai selesai di bawah ini!

Cara Memasukkan Data ke Google Sheet dengan Mudah

memasukkan data ke google sheet

Google Sheet merupakan bagian dari Google Drive. Oleh karena itu, sebelum menggunakan Google Sheet, harus memiliki akun Google. 

Jadi Anda harus pastikan kalau sudah mempunyai akun Gmail sebelumnya. Jika sudah mendapatkan akunnya, maka langkah memasukkan data ke Google Sheet akan semakin mudah. Seperti langkah-langkah yang ada di bawah ini, antara lain: 

Baca Lainya:  Apakah Omnibus Law Berlaku Untuk Karyawan Tetap? Cek Jawabannya di Sini

Buka Google Drive

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive, karena Google Sheet  berada dalam aplikasi tersebut. 

Membuat Spreadsheet untuk pertama kali adalah dengan klik New, letaknya ada di pojok atas sebelah kiri. Lanjutkan klik Google Sheet. 

Akan muncul lembar kosong yang bisa dimulai untuk mengetik sel-sel yang tersedia. Lembaran kosong tersebut sudah siap untuk diisi dengan data datar, rumus, dan berbagai macam. 

Awal menulis di Spreadsheet

Menulis dalam Spreadsheet hampir sama dengan menulis di Microsoft Excel. Ada beberapa formula dan fungsi yang harus diketahui. Semua rumus tersebut bisa diubah dalam beberapa cara. 

  • Operator matematika dasar. Contoh tandanya adalah +, -, *, dan /. 
  • Formulasi transformasi teks. Contoh teksnya adalah =TRIM, =UPPER, atau =LOWER. Jika ingin melihat efeknya, silakan mencobanya sendiri dalam spreadsheet. 
  • Fungsi tanggal. Misalnya saja TODAY yang berfungsi untuk mencetak tanggal, ada juga MONTH yang bisa dipakai untuk mendapatkan bulan dari tanggal tertentu. 
Baca Lainya:  Berikut Langkah Memasukkan Data ke Google Sheet, Langkahnya Mudah dan Praktis

Cara Berbagi Sheet

Salah satu kelebihan Google Sheet adalah mempunyai kemampuan untuk berbagi dan bekerja sama dengan orang lain. Pengguna bisa menambahkan orang lain masuk dalam spreadsheet yang tadi sudah dibuat. 

Cara berbagi sheet dengan orang lain sangat mudah, klik tanda warna biru Share yang letaknya di sudut kanan atas spreadsheet. Masukkan beberapa alamat email pengguna lainnya yang ingin diajak kerja sama. 

Jangan lupa untuk mengatur izin bekerja sama. Jika ingin pengguna lain dapat melakukan edit, comment, atau view di spreadsheet, maka klik dropdown ikon pensil. 

Salah satu fitur yang ada dalam Google Drive ini sudah banyak dipakai oleh banyak kalangan, mulai dari kalangan profesional, pelajar, dan pekerja freelance.

Dengan beragam fitur menarik yang dalam Google Sheet, Anda dapat membuat data berupa angka-angka yang pasti dengan mudah dan simpel.

Ditambah lagi dengan adanya fitur menyimpan data secara otomatis, membuat Google Sheet banyak dilirik oleh pengguna internet saat ini.

Tapi sebelumnya, Anda harus pastikan selain alamat email yang valid, koneksi internet yang stabil juga harus Anda miliki. Sebab aplikasi ini menggunakan koneksi internet agar data dapat tersimpan secara otomatis.

Baca Lainya:  How To Make Auto-Subscribe Button on YouTube Easily

Bagaimana, mudah bukan langkah memasukkan data ke Google Sheet? Menariknya masih ada banyak cara lainnya untuk menggunakan Google Sheet. 

Namun yang paling penting adalah terus belajar untuk menggunakannya. Karena aplikasi tersebut bisa membantu pekerjaan kantor atau lainnya yang terhalang tempat yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.