Cara Membuat Google Form di HP, Sebelum Menggunakan Laptop

Jadiberkah.com – Untuk membuat Google Form di HP sebenarnya sangat mudah sekali, bila Anda tidak mempunyai perangkat laptop ternyata juga bisa dilakukan dengan ponsel pintar yang Anda miliki.

Tidak sedikit orang yang mencari cara yang tepat untuk membuat form dari Google, padahal faktanya sangat mudah sekali meski tidak memiliki perangkat PC atau laptop.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membuat form dengan memanfaatkan perangkat HP atau perangkat pintar bila tidak mempunyai laptop atau PC?

Penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya sampai selesai yah!

Cara Membuat Google Form di HP atau di Laptop

Ternyata ada cara membuat Google form di HP, laptop hanya dijadikan sebagai opsi kedua.  Jadi, Anda tidak perlu pusing untuk mencari perangkat yang dibutuhkan, karena dua-duanya dapat digunakan. Simak langkah-langkah berikut di bawah ini!

google form di HP

Membuat Google Form di Laptop

Langkah untuk membuatnya termasuk mudah. Anda dapat menambahkan berbagai informasi yang dibutuhkan dan gambar sebagai ilustrasinya. Ikutilah langkah-langkah berikut di bawah ini untuk membuatnya.

  1. Masuklah ke akun gmail Anda.
  2. Bukalah halaman www.Google.com/form
  3. Pilihlah “go to Google Form”.
  4. Lihatlah bagian bawah menu “Start a New Form”. Terdapat beberapa pilihan bentuk formulir event, data pribadi, permintaan , atau yang lainnya. 
  5. Jika memutuskan menggunakan template yang sudah ada, editlah sesuai dengan  kebutuhan.
  6. Jika tidak ada yang sesuai, Anda dapat membuatnya sendiri dengan membuat sendiri sesuai dengan keinginan.
  7. Kliklah  menu “Blank” pada bagian sudut atas.
  8. Tersedia form kosong yang dapat digunakan untuk membantu Anda merancangnya. Isilah dengan menambahkan tanggal, foto, dan keterangan lainnya.
  9. Pilihan untuk mengedit ada di sebelah kanan.
  10. Setelah selesai, kliklah simpan atau “Submit”
Baca Lainya:  Cara blokir no whatsapps dengan mudah

Untuk membagikannya pada orang lain, Anda hanya perlu mengkopikan tautan tersebut, yang kemudian akan diklik link-nya oleh mereka. Lalu mereka pun akan langsung terhubung dengan formulir yang telah dibuat itu.

Membuat Google Form Lewat HP

Sebagian orang mungkin merasa bahwa membuat Google Form di Hp akan terasa lebih praktis. 

Oleh karena kemudahan yang didapatkan maka Anda bisa mempelajarinya, apabila kebetulan pada saat membutuhkan tidak tersedia laptop. 

Baca Lainya:  Pengaturan Kamera Dslr Indoor Untuk Fotografi

Untuk membuatnya pun amat mudah, Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan seperti di bawah ini, antara lain:

  1. Instal aplikasi yang digunakan untuk membuat Google Form, yaitu “form for Google Form.” Memiliki fungsi yang sama dengan situs pada saat akan mencari di PC.
  2. Daftarlah dengan email google yang Anda punyai.
  3. Selanjutnya Google Form akan meminta persetujuan persyaratan penggunaan. Anda harus mengklik tanda setuju.
  4. Setelah itu, Anda baru bisa membuat formulir yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Halaman akan menunjukkan beberapa pilihan formulir yang seperti ada pada PC.
  6. Jika tidak ada yang cocok, Anda pun dapat membuatnya sesuai dengan kebutuhan menggunakan form kosong.
  7. Editlah formulir kosong tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Istilah judul, memasukkan gambar sebagai ilustrasi, isilah dengan deskripsi yang dibutuhkan atau lain sebagainya.
  8. Setelah selesai, klik tanda simpan atau “Submit”.
Baca Lainya:  Setting Kamera DSLR Untuk Wedding

Selanjutnya tinggal membagikannya dengan responden yang akan mengisinya. Berikanlah tautan sehingga mereka langsung dapat mengklik dan terhubung dengan form tersebut.

Demikianlah cara membuat Google form di HP, laptop sebagai opsi kedua yang mudah. Tentu saja cara ini akan sangat membantu, apalagi suatu saat Anda membutuhkannya dapat dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat yah!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.