Cara Praktis Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang di HP dan Laptop

Jadiberkah.com – Belum banyak orang yang tahu kalau untuk membuat Google Drive diakses semua orang bisa dilakukan di berbagai perangkat, seperti HP dan laptop. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak Google selaku pembuat aplikasi tersebut tentu saja bisa membuat semua orang semakin mudah untuk membuat data.

Langkah-langkah untuk membuat Google Sheet bisa diakses semua orang juga tidak terlalu sulit, selain mudah dan fleksibel yang jelas akan sangat membantu sekali. Apalagi aplikasi ini juga memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Dibandingkan menggunakan perangkat keras seperti USB untuk menyimpan data, memakai Google Drive jauh lebih aman dan lebih banyak space penyimpanannya. Oleh karena itu jangan heran kalau saat ini sudah ada banyak orang lebih memilih untuk menggunakan atau memakai Google Drive untuk menyimpan banyak data-data penting dalam bentuk softfile, dibandingkan ditaruh di dalam USB atau biasa disebut dengan flashdisk.

Tapi, bagaimana cara untuk membuat agar Google Drive dapat diakses semua orang baik melalui smartphone dan laptop? Penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Baca Lainya:  Langkah Mudah Membuka Google Spreadsheet, Pemula Harus Tahu!

Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang Melalui HP dan Laptop

membuat google sheet

Untuk cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang, tergolong sangat mudah. Anda hanya memerlukan akses internet serta HP untuk membuka dan mengoperasikan Google Drive. Setelah itu, mulai ikuti langkah berikut.

  1. Buka Google Drive
  2. Klik tanda + di pojok kanan bawah
  3. Pilih menu Folder
  4. Tambahkan nama folder
  5. Tekan tanda titik tiga di sebelah kanan folder yang baru dibuat
  6. Pilih Manage People and Links
  7. Pada menu Link Setting, tekan Change
  8. Ubah Restricted menjadi Anyone with the Link.

Selamat, folder yang Anda buat bisa langsung dibagikan ke orang lain. Link yang telah dibagikan bisa diakses oleh siapapun tanpa perlu meminta izin Anda sebagai pembuat. Hal ini tidak akan mengganggu memori penyimpanan ponsel Anda.

Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang di Laptop

Berbeda dengan HP, pada laptop Anda harus membuka Google Drive melalui laman pencarian Google. Caranya cukup sederhana dan semua orang bisa melakukannya. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka akun Google Drive Melalui Halaman Google
  2. Klik New
  3. Pilih File Upload, Folder Upload atau membuat Folder Baru
  4. Jika memilih Folder Baru, maka masukkan nama folder yang diinginkan
  5. Klik Kanan Folder yang Baru Dibuat
  6. Pilih Menu Get Link
  7. Klik Restricted
  8. Ubah Menjadi Anyone with the Link
Baca Lainya:  Apakah Google Meet Bisa Melalui HP? Simak Dulu Caranya Agar Tak Salah Kaprah

Jika sudah sampai pada poin 8, Anda cukup membagikan link ke setiap orang yang Anda inginkan. Begitu mereka mengklik link tersebut, maka folder yang Anda buat bisa mereka akses kapan saja.

Manfaat dari Membuat Google Drive yang Bisa diakses Semua Orang 

Tentu saja ada manfaat yang bisa Anda peroleh dari pembuatan Google Drive yang bisa diakses publik. Pertama, Anda bisa mengirimkan file dengan kapasitas besar tanpa perlu menyalin maupun mengirim ulang. Cukup dengan mengirimkan link saja, maka file tersebut bisa diakses oleh siapapun yang Anda mau.

Kedua, pekerjaan Anda akan dengan mudah diselesaikan karena waktu pengiriman file yang singkat. Selain itu, Anda juga bisa menghemat kuota internet dan memori perangkat.

Baca Lainya:  Begini 2 Tips Cara Membuat Google Form PDF dan Excel

Menggunakan Google Drive Anda tidak perlu waktu lama untuk mengirim file yang besar. Dengan Anda mengetahui trik memasukkannya ke Google Drive dan mengirimkan link-nya, bisa memudahkan Anda sebagai pengguna. Cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang ini bisa langsung Anda praktekkan untuk pribadi dan teman.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.