Ini Alasan Kenapa Harus Menyimpan File di Google Drive, Ada Keunggulannya Juga!

Jadiberkah.com – Saat ini masih banyak orang yang belum tahu cara untuk memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan file, padahal Google Drive dilengkapi banyak fitur penunjang. Bukan hanya itu saja, menyimpan file di google drive juga diangap lebih aman dari ancaman virus.

Kalau mau menelisik lebih lanjut lagi mengenai aplikasi bawaan dari Google ini, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pengguna setia Google.

Di bawah ini kami akan sampaikan beberapa informasi yang cukup bermanfaat untuk Anda, di antaranya seperti langkah-langkah untuk menyimpan file di Google Drive sampai dengan keuntungan menggunakan aplikasi tersebut.

Penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Langkah Menyimpan File di Google Drive

Sejak diluncurkan pertama kali, google drive memiliki banyak fitur penunjang untuk performancenya. Berbeda dengan penyimpanan file secara offline pada laptop, pada Google Drive justru mendapat banyak keunggulan. 

Jika Anda belum pernah menyimpan file pada Google Drive, maka cobalah langkah berikut ini: 

  • Tekan Ctrl + s.
  • Di bagian bawah, masukkan nama yang diinginkan untuk file.
  • Tekan Opsional: Pada sebelah kiri nama file, ganti jenis file.
  • Pilih tempat untuk menyimpan file pada kolom sebelah kiri, seperti Google Drive — Drive Saya.
  • Pilih Simpan.
Baca Lainya:  Cara Menghapus Kelas di Google Classroom, Perhatikan Hal Ini!

Jika menggunakan Chromebook di sekolah atau kantor, maka file dapat disimpan dalam folder Drive bersama. Pilih Google Drive lalu Drive bersama.

Sudah jelaskan langkah menyimpan file di Google Drive? Anda tak perlu khawatir file akan hilang atau kehapus. Selain itu ada banyak juga keuntungan Google Drive yang dapat dimanfaatkan dan Anda wajib tahu.

Keunggulan Google Drive

menyimpan file di google drive

Banyak pengguna google yang belum mengetahui apa saja keunggulan Google Drive sebagai tempat penyimpanan file. Bukan saja karena basisnya yang cloud storage tapi ada tujuh kelebihan lainnya yang wajib kalian ketahui.  Apa saja keunggulannya, check it out.

Ruang Penyimpanan Besar

Google Drive memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Semua foto, data, video dan cerita bisa disimpan di sini sebanyak-banyaknya. Dibandingkan dengan cloud storage lainnya kapasitas penyimpanan ini sangat besar. Dropbox hanya 2 GB dan Onedrive hanya 7 GB. See!

Baca Lainya:  Contoh Bisnis Waralaba Yang Sukses

Terintegrasi dengan Layanan Lainnya

Google Drive dapat berintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti GMail,Google Docs dan sebagainya. 

Dapat Menyimpan Dalam Berbagai Format

Dengan menggunakan Google Drive, kalian juga bisa menyimpan file dalam berbagai format seperti word, powerpoint, video, dan lainnya. 

Hosting Website

Google Drive dapat menjadi hosting web bagi web developer. Jadi kalian bisa menyimpan file dalam format HTML, CSS atau lainnya.

Berfungsi Multiplatform

Tidak harus mengakses Google Drive di laptop atau PC, dari smartphone juga bisa sehingga kapan dan dimana saja tidak masalah.

Mudah Berbagi File

Platform satu ini memiliki kolaborasi online yang bisa membuat pekerjaan tim menjadi mudah.

Memiliki Sistem Keamanan Terbaik

Dengan enkripsi SSL-nya, Google Drive sangat aman menyimpan semua file Anda. Cloud storage satu ini sangat layak untuk digunakan. 

Bagaimana, apakah Anda sudah cukup jelas dengan langkah-langkah untuk menyimpan file atau data-data yang ada di komputer pada aplikasi Google Drive?

Baca Lainya:  Cara Masuk Google Classroom dengan Kode, Kamu Wajib Tahu Langkahnya

Semoga ulasan yang sudah berhasil kami simpulkan di atas bisa jadi referensi yang tepat untuk Anda dan bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah!

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini di laman media sosial Anda kalau dianggap bermanfaat. Dengan begitu kami akan semakin semangat untuk menyajikan informasi-informasi menarik lainnya mengenai dunia teknologi.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.