Begini Cara Mudah Agar Share Google Docs Dapat Diakses Semua Orang, Sangat Fleksibel

Jadiberkah.com Sekarang ini platform Google sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan untuk membantu semua tugas yang mereka miliki. share Google Docs memberikan kemudahan pada semua orang saat mereka harus bekerja atau mengerjakan tugas kelompok. Ditambah lagi Anda juga bisa mengatur siapa saja yang dapat mengakses dan mengedit dokumen tersebut.

Layanan sharing dokumen memang menjadi salah satu keunggulan produk Google Docs sebagai online word processor yang banyak digunakan orang. Sehingga jangan heran kalau produk Google ini menjadi salah satu produk yang paling digemari.

Selain bisa menyimpan data secara otomatis, di Google Docs Anda juga bisa membuat berbagai macam file. Misalnya seperti file untuk presentasi, data berupa tabel, data berupa form dan lainnya.

Tapi, untuk bisa share Google Docs bagaimana caranya? Penasaran bukan? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Share Google Docs dengan Link

Caraini paling mudah, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke akun Google Docs, buka file atau dokumen yang ingin di setting menjadi publik.
  • Tekan tombol berbagi/Share berwarna biru di sebelah ikon profil Google Anda.
  • Selanjutnya akan muncul jendela izin berbagi dengan dua opsi pilihan, “Share with people and group” serta  “Get link”. Klik Get link.
  • Dokumen akan diatur secara default sebagai publik dan hanya bisa dilihat saja. Perlu diatur lagi agar orang lain dapat berkomentar atau mengedit dokumen tersebut. Tekan lambang segitiga kecil di sebelah tulisan Viewer lalu memilih Commenter/Editor.
  • Tekan Copy link untuk disebarkan ke orang lain, dan klik Done untuk mengakhiri proses membuat dokumen Google Anda menjadi publik.
Baca Lainya:  Cara Membuat Video di Telegram dengan Fitur Terbaru

Cara membuat share google docs yang bisa diakses semua orang menggunakan link ini adalah pilihan yang tepat dan mudah bagi pengguna perangkat keras seperti smartphone, laptop, maupun PC.

Berbagai dokumen dalam ukuran besar bisa dishare. Orang yang membuka link tersebut secara otomatis akan dialihkan ke dokumen yang hendak diakses.

Membuat Google Docs Diakses Sebagian Orang

Google Docs juga bisa diatur hanya untuk diakses dan di share untuk sebagian orang. Membagi link dokumen hanya pada orang tertentu akan membuat dokumen lebih aman.

Baca Lainya:  Google Maps Call? Kira-kira Bagaimana Kinerjanya, Ya?

Berikut beberapa langkah untuk membuat google docs diakses sebagian orang saja:

  • Pilih dokumen yang akan dibagi kepada orang lain
  • Klik tombol share untuk dokumen yang akan dibagikan
  • Ketik nama email atau orang yang ingin dibagikan dokumen, Anda juga bisa menambahkan catatan/notes
  • Klik ‘Send’ untuk membagi dokumen tersebut. Dokumen akan langsung terkirim ke pemilik email yang dituju.

Ada 3 pilihan yang terdapat pada Google Docs saat sharing dokumen yaitu: viewer, commenter, dan editor. Ketiga pilihan ini memiliki fungsi masing-masing, yaitu:

  • Viewer hanya dapat melihat dan membaca tetapi tidak bisa memberi komentar atau mengedit dokumen tersebut.
  • Commenter memiliki akses untuk melihat serta memberikan komentar tetapi tidak bisa mengubah dokumen.
  • Editor bisa mengubah dokumen yang dibagikan, tidak hanya melihat atau berkomentar saja.

Begitulah cara membuat share google docs yang bisa diakses semua orang ataupun sebagian sesuai keinginan kita. 

Jadi bila disimpulkan maka akan didapatkan kesimpulannya bahwa dengab memanfaatkan aplikasi Google Docs yang disediakan oleh Google dapat membantu Anda untuk membuat file berupa words dengan mudah dan nyaman.

Baca Lainya:  Tahukah Anda Telegram Video Call Berapa Orang?

Tanpa harus khawatir file hilang begitu saja saat tiba-tiba komputer mati atau smartphone low. Menariknya lagi Anda bisa share file yang sudah dibuat dengan orang-orang yang Anda inginkan.

Dengan begitu pekerjaan yang sudah Anda buat jauh lebih mudah dan nyaman tanpa harus memindahkan data ke perangkat USB terlebih dahulu, sebab dengan fitur share Anda bisa berbagi file cukup memanfaatkan alamat email pengguna Google Docs lainnya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.