Cara Memulai Google Slide Serta Cara Menambah Slide Agar Presentasi Berjalan Lancar 

Jadiberkah.com – Selama ini orang orang-orang membuat slide untuk presentasi menggunakan perangkat dari Microsoft, yakni Microsoft Power Point. Padahal selain Ms Power Point, masih ada lagi perangkat yang bisa dimanfaatkan untuk membuat slide presentasi yakni dengan Google Slide. Memulai Google Slide pun tidak serepot yang dibayangkan kok!

Memulai Google Slide menggunakan fitru bawaan dari Google Drive tersebut tidak jauh berbeda dengan fitur-fitur yang ada di Power Point, hanya saja untuk menggunakannya Anda harus memiliki akun Gmail untuk bisa membuat slide presentasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menariknya layanan yang disediakan oleh Google tersebut pun dapat diakses secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun untuk mengakses Google Slide. Sekarang sudah banyak orang yang beralih ke Google Slide untuk membuat bahan presentasi yang menarik. 

Penasaran apa itu Google Slide? Yuk, simak ulasannya di bawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi!

Mengenal Google Slide Lebih Jauh 

Sebelum mempelajari cara mengoperasikan Google Slide, tidak ada salahnya untuk mengenal layanan ini lebih jauh. Aplikasi tersebut diperkenalkan ke publik di tahun 2006, tepat setelah mengakuisisi Writely. 

Aplikasi Google Slide dapat diakses secara online dan digunakan secara berkolaborasi bersama teman-teman. Pekerjaan pun menjadi lebih mudah, karena dikerjakan bersama saat membuat presentasi. Semua orang yang bisa mengakses, juga dapat melakukan pengeditan secara langsung. 

Baca Lainya:  Jenis reel pancing

Dalam aplikasi tersebut ditambahkan beberapa fitur yang sangat dibutuhkan saat pembuatan presentasi. Hampir sama dengan Microsoft Power Point, terdapat fitur ppt, pptx, odp, jpg, svg, juga pdf.

Banyaknya fitur yang terdapat di dalamnya, membuat semakin dimudahkan untuk menambahkan gambar saat membuat presentasi. Anda hanya perlu membiasakan diri, agar tidak kebingungan saat menggunakannya. 

Langkah Awal Memulai Google Slide dan Cara Menambah Slide, Serta Keunggulannya 

memulai google slide

Layanan dari Google Slide ini juga memberikan banyak kelebihan dibanding Microsoft Power Point. Sedang langkah awal memulai Google Slide dan cara menambah slide juga tidak rumit. Bahkan bisa dijalankan oleh amatir sekalipun. 

Cara Menggunakan Google Slide 

Baik Microsoft Power Point maupun Google Slide, sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Anda dapat mempelajari langsung caranya di sini. Baru kemudian dipraktekkan. Begini langkahnya. 

  1. Masuk melalui situs www.drive.google.com
  2. Lalu lakukan registrasi agar selanjutnya bisa langsung log in. 
  3. Setelah melakukan pendaftaran, klik New
  4. Pilih Google Slide sebagai langkah berikutnya. 
  5. Klik + agar bisa menambahkan gambar, diagram, audio atau yang lainnya. 
Baca Lainya:  Bagaimana Cara Memakai Google Classroom, Baik Di Laptop Atau Ponsel

Menambah Slide di Google Slide 

Demi menambah daya tarik pada presentasi, Anda bisa menambahkan slide atau gambar sesuai keperluan. Tema yang ada juga bisa diubah menjadi tema lain. Caranya seperti ini. 

  1. Setelah berhasil masuk ke laman utama Google Slide, maka klik menu Slides. 
  2. Kemudian dilanjutkan dengan klik Slides New untuk menambahkan slide baru. 
  3. Jika ingin mengubah tema, pilih Change Theme. 

Kelebihan di Google Slide 

Keunggulan utama yang ada pada Google Slide adalah basis layanan data Cloud. Jadi tidak perlu khawatir jika tiba-tiba terjadi masalah pada komputer, data yang ada tidak akan hilang. 

Selain itu Google Slide juga bisa diperasikan dengan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Serta bisa digunakan secara kolaborasi dengan banyak orang dengan berbagi link. 

Bagaimana? Langkah awal memulai Google Slide dan cara menambah slide ternyata sangat mudah bukan. 

Anda dapat menggunakan perangkat bawaan Google ini untuk membuat data-data penting dalam bentuk slide layaknya yang ditawarkan oleh Ms. Power Poit.

Sebenarnya fitur yang ada pada Google Slide pun tidak ada bedanya dengan yang ditawarkan oleh Power Point, hanya saja kinerja pada aplikasi bawaan Google ini terbilang lebih praktis dan simpel.

Baca Lainya:  Cara Membuat Tombol Subscribe Otomatis pada YouTube Dengan Mudah

Sebab Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan file, karena dengan adanya fitur menyimpan data secara otomatis Anda bisa bekerja dengan tenang.

Ditambah lagi keamanan yang dijamin oleh pihak Google, membuat banyak orang tidak ragu untuk membuat data-data penting di aplikasi yang menjadi bawaan dari Google.

Menarik sekali bukan? Semoga artikel ini membantu Anda untuk mengoperasikannya ya!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.