Kenapa Orang Tertarik Membeli NFT? Begini Alasannya

apa itu bisnis NFT

Jadiberkah.com – Viralnya sosok Ghozali yang menjual foto selfie NFT sekaligus memunculkan banyak tanya. Kenapa orang membeli NFT? Ya, apa istimewanya foto Ghozali hingga laku miliaran rupiah. Bahkan anehnya lagi ada orang yang tidak sungkan membeli foto yang sebenarnya biasa saja.

Fenomena NFT yang tren di kalangan remaja umumnya dan lebih pada penjualan game NFT atau stiker, mendadak heboh sekarang ini. Sebuah foto selfie yang telah dicetak dalam bentuk NFT mendadak viral. Tak tanggung-tanggung foto selfie pemuda asal Indonesia yang ‘B’ atau biasa saja itu bisa sampai memiliki nilai miliaran dalam mata uang rupiah.

Namun, sebenarnya NFT itu apa sih? Kok bisa sampai viral sampai seperti ini? Penasaran bukan? Daripada penasaran, mending simak ulasan mengenai NFT yuk di bawah ini sampai selesai!

Sekilas Tentang NFT

NFT atau non fungible token, memang dihadirkan dalam bentuk karya digital. Siapa saja bisa membuat NFT, tidak peduli terkenal atau tidak. Karya digital yang dihasilkan juga bisa dibilang unik dan beragam. Anda bisa membuat karya berupa musik, lagu, video hingga foto dan lain sebagainya. 

Baca Lainya:  Video Detik Detik Terjadinya Gempa Dan Tsunami Di Donggala

Untuk bisa berkarya di NFT, Anda hanya perlu memiliki akun di pasar aset digital dan memposting atau menautkan karya digital yang ingin dijual. Lalu menentukan dengan aset mata uang kripto mana yang dapat digunakan oleh peminat karya Anda untuk membelinya. Meski dikenai biaya untuk memasarkan karya, hal tersebut tentu saja tidak sebanding dengan jumlah fantastis yang didapat dari penjualan. 

Pertanyaannya kenapa orang membeli NFT? Apa alasan mereka sampai berani merogoh kocek dalam-dalam demi sebuah karya digital seperti foto Ghozali tersebut? Semakin penasaran bukan? Begini alasannya!

Alasan Orang Membeli NFT

kenapa orang membeli NFT

Nilai pada suatu karya yang dihasilkan seseorang tidak memiliki nilai yang sama dimata orang yang melihatnya, nilai suatu karya bersifat subjektif. Bagi A mungkin karya digital ini menarik dan unik, tetapi bagi B bisa saja biasa. Ada beberapa alasan rasional orang membeli NFT. Apa saja? Ini jawabannya, yang di antaranya adalah:

Memiliki Nilai Sejarah

Aset NFT yang dijual mempunyai nilai sejarah dari pemiliknya yang mungkin saja orang/tokoh terkenal. Sehingga akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pembeli sekaligus satu-satunya pemilik NFT tersebut. 

Baca Lainya:  5 Inspirasi Usaha Tanpa Modal yang Cocok untuk Kaum Milenial

Aset Karya Orang Terkenal

Aset NFT yang dijual merupakan karya dari orang yang terkenal atau public figure. Nama yang populer tidak akan membuat orang berpikir dua kali untuk segera membeli karyanya. Ada kebanggaan tersendiri memiliki karya dari orang yang terkenal. NFT ini juga menghubungkan si public figure dengan penggemarnya.

Aset Memiliki Narasi Kuat

Aset dengan narasi yang kuat akan meyakinkan peminat untuk membelinya dengan harga fantastis. Berapapun nominal yang harus dikeluarkan bila berhasil menarik minat mereka, tidak akan menjadi masalah.

Aset Keuangan yang Bisa Dibeli dan Dijual 

NFT bisa kita beli dan kemudian kita jual lagi. Kita tentu akan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Itu sebabnya orang tertarik memiliki aset digital NFT. 

Simbol Status

Karya NFT dianggap bisa menjadi simbol status pemiliknya tentang status kekayaan, aktivitasnya di dunia NFT, dan sebagainya. Itu sebabnya kenapa ini menarik minat dari orang lain untuk membelinya. 

Baca Lainya:  Hukum Investasi Emas Dalam Islam

Bagaimana menurut kalian alasan kenapa orang membeli NFT diatas cukup menarik untuk disimak bukan? Apakah Anda tertarik juga untuk menjual foto atau karya digital lainnya di pasar NFT? Yuk, buat karya digital sekarang juga dan hsailkan pundi-pundi uang dalam jumlah yang banyak!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.