Apa itu Bisnis NFT? Pemula Wajib Tahu Cara Meraup Milyaran Rupiah di NFT

Jadiberkah.com – Belum banyak yang tahu mengenai bisnis digital yang belakangan ini sedang viral. Ya, seorang pemuda bernama Ghozali berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia karena mampu membuktikan dirinya bisa meraup keuntungan di NFT. Apa itu NFT? Kok bisa hanya dengan menjual foto bisa meraup miliaran rupiah?

Kehadiran NFT yang belakangan ini sedang santer dan menjadi viral ini memang menjadi angin segar di tengah tren ketika ada berita mengenai menurunnya Bitcoin dan kripto lainnya. Meski masuk ke dalam instrumen investasi digital, belum banyak investor yang tahu akan hal ini. Bukan tanpa alasan, sebab beberapa tahun ini investasi jenis Bitcoin dan cryptocurrency sedang naik daun. 

Tapi, penasaran gak sih mengenai apa itu investasi atau bisnis NFT? Bagaimana cara yang tepat untuk memulai bisnis digital yang satu ini? Semakin penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya sampai akhir biar bisa tahu apa yang dimaksud dengan bisnis NFT.

Apa Itu Bisnis NFT

apa itu bisnis NFT

Sesuai namanya Non Fungible Token, NFT ini tidak bisa disamakan dengan jenis investasi Bitcoin atau aset kripto lainnya. NFT digunakan menjadi bukti kepemilikan barang yang bisa dibeli menggunakan mata uang kripto. 

Baca Lainya:  Cara Menghitung Modal Usaha Rumah Makan

Barang yang dijual di NFT sangat beragam sekali bisa disesuaikan dengan keahlian yang Anda miliki. Sebut saja seperti karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. Umumnya NFT memiliki format digital, antara lain, Joint Photographic Experts Group (JPEG), Portable Network Graphics (PNG), Graphics Interchange Format (GIF). 

Menariknya kreasi NFT yang dianggap menarik dan unik akan dibeli dengan menggunakan aset kripto. Bahkan Anda juga bisa menjual kembali aset NFT yang sudah dibeli oleh orang lain sebelumnya.

Lalu, untuk memulai bisnis ini bagaimana caranya? Apakah semua kalangan bisa terjun ke bisnis ini? Penasaran bukan? Yuk simak ulasan menariknya di bawah ini!

Bagaimana Memulai Bisnis NFT

Jika kalian memiliki suatu karya digital, maka karya ini dapat diubah menjadi NFT sehingga bisa dijual. Kreasi digital apa saja dapat dibuat sebagai NFT,  misalnya saja seperti tulisan, musik sampai dengan video game. 

Untuk mengubah dokumen menjadi NFT sangatlah mudah. Sementara itu, harga jual karya bergantung pada faktor subjektif seperti kreativitas, kualitas, dan reputasi penjual di kalangan pembeli.

Baca Lainya:  Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Usaha Warteg Prasmanan

Setelah mengerti apa itu bisnis NFT, kini sudah saatnya untuk memulai bisnis NFT. Dikutip dari The Motley Fool, beberapa cara sederhana ini bisa kalian lakukan untuk bisa memulai bisnis yang menjanjikan ini, yakni:

Pilih Pasar dan Buat NFT

Mulailah memilih pasar yang tepat untuk NFT. Pastikan situasi pasar ini seperti Amazon bagi karya NFT. Kalian bisa membidik OpenSea yang saat ini menjadi pasar NFT terbesar dan paling beragam. 

Setelah itu kalian bisa menautkan dompet cryptocurrency, kemudian pilihlah opsi “Mint an NFT” dan unggah karya digital yang dibuat. Proses setiap pasar biasanya berbeda, tetapi sebagian besar memungkinkan mencetak NFT hanya dengan beberapa klik.

Cantumkan NFT untuk Dijual

Setelah pencetakan NFT selesai, jangan lupa daftarkan untuk dijual. Beri detail transaksi seperti batas waktu lelang hingga jenis mata uang kripto yang bisa dipergunakan oleh pembeli NFT kalian. Disini kalian akan dikenai biaya gas yang bervariasi tergantung sibuknya jaringan blockchain.

Baca Lainya:  Contoh 9 Ide Bisnis Makanan Yang Perlu Anda Ketahui

Kelola Daftar Anda

Lakukan promosi NFT yang telah berhasil terdaftar pada website atau sosial media kalian. Cantuman NFT dapat diubah atau dihapus, tetapi akan dikenakan biaya lain sementara biaya gas yang dibayar sebelumnya tidak dapat dikembalikan.

Nah, sudah semakin paham bukan, apa itu bisnis NFT dan langkah untuk memulainya. Tertarik? Yuk, mulai asah kreativitas kalian dan raih pundi-pundi bernilai miliaran rupiah seperti yang sudah dilakukan oleh Ghozali!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.