Mau Bisnis Fotocopy? Ini Loh Rincian Modal Usaha Fotocopy dan Alat Tulis!

Jadiberkah.com – Di masa pandemi, usaha fotocopy dan alat tulis termasuk yang tidak pernah sepi. Sekolah daring dan kantor yang Work From House (WFH) tetap memerlukan jasanya untuk berbagai keperluan. Jadi, menarik untuk tahu rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis.

Karena tidak menutup mata juga akan peluang dari usaha ini. Maka jangan heran kalau pemilik toko fotocopy mampu bertahan sampai saat ini, karena minat masyarakat akan jasa mereka masih diperlukan.

Rincian Modal Usaha Fotocopy Yang Harus Disiapkan

Siapa tahu Anda berminat dan ingin mencoba buka usaha ini. Ternyata tidak membutuhkan biaya banyak, lho! Perhatikan rincian biaya pokok yang di bawah ini!

1. Mesin Fotocopy

Rincian modal usaha fotocopy

Namanya usaha fotocopy, tentu saja mesin menjadi alat dan kebutuhan pokok. Untuk barang yang satu ini, jika Anda ingin membeli baru paling murah harganya di 10 juta rupiah.

Tapi jangan khawatir, saat ini banyak jasa penyewaan mesin fotocopy untuk usaha. Biayanya di kisaran 500 sampai 800 ribu per bulan. Biasanya jasa ini sudah memberikan layanan service dan perawatan.

Nanti jika usaha sudah berkembang, baru Anda membelinya sendiri.

2. Sewa Tempat

Setelah mesin, rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis selanjutnya yang harus diperhatikan adalah sewa tempat.

Dapat dikatakan, ini yang memakan biaya terbesar, meski untuk ruangan yang kecil. Di tempat yang cukup strategis angkanya dapat mencapai 20 juta rupiah per tahun. 

Jika Anda mempunyai rumah atau properti lain yang cukup layak, hal ini dapat dipergunakan terlebih dahulu. Cukup beri sekat antara toko dan rumah agar ada pemisah.

Meski tidak menyewa, sebaiknya dalam anggaran modal yang direncanakan Anda tetap menuliskan sebagai sewa. Ini akan memudahkan Anda berhitung laba rugi.

3. ATK (Alat Tulis Kantor)

Selanjutnya, kebutuhan penting lainnya adalah membeli alat tulis kantor yang akan dijual dan penunjang fotocopy. 

Modal untuk ATK dapat disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Nanti seiring dengan waktu jumlahnya dapat diperbanyak dan ditambah jenisnya.

Jangan lupa untuk mencari tahu tempat yang menjual ATK grosir murah. Beberapa toko online juga menyediakan. Anda hanya perlu memeriksa toko terbaik dengan barang berkualitas.

4. Pegawai

Terakhir, biaya pegawai harus dimasukkan pula dalam anggaran modal. Untuk pekerjaan 8 jam, gaji mereka dihitung berdasarkan UMR yang berlaku di suatu daerah. Selain itu, uang makan juga diperhitungkan. Kisaran total sekitar 2 juta rupiah per bulan. Jika buka sampai malam hari, berarti dibutuhkan 2 pegawai.

Umumnya sebagai modal awal, gaji pegawai dihitung hingga 3 bulan ke depan. 

Meski Anda atau keluarga menjaga toko sendiri, hal ini tetap harus diperhitungkan. Yang penting, toko tidak boleh buka tutup karena tidak ada pegawai. Ini akan mengurangi kepercayaan konsumen.

Jadi intinya, jika ditotal rincian modal usaha fotocopy dan ATK di tiga bulan pertama tidak lebih dari 20 juta rupiah. Cukup murah bukan? Yuk, dicoba!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.