Sebelum Memulai, Ketahui Dulu Kelemahan Usaha Fotocopy

Jadiberkah.com – Usaha fotocopy merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis ini tidak akan lekang oleh waktu karena banyak kepentingan yang mengharuskan orang untuk mencetak fotocopy dokumen. Meski kelemahan usaha fotocopy bisa dibilang banyak, tapi peluang suksesnya juga besar.

Memang sebaiknya sebelum Anda memulai bisnis ini, mengetahui kelemahan usaha fotocopy adalah suatu keharusan. Apakah Anda berniat membuka bisnis fotocopy? Berikut uraian tentang kekurangannya yang perlu dipertimbangkan.

Beberapa Kelemahan Usaha Fotocopy Sebelum Terjun Bisnis

Ada banyak kelemahan dari usaha fotocopy, namun yang paling banyak dialami oleh pebisnis fotocopy adalah 3 kelemahan yang ada dibawah ini, diantaranya adalah :

1. Modal Awal yang Terbilang Besar

Jika modal menjadi salah satu kendala Anda untuk membuka usaha, maka sebaiknya jangan melirik bisnis fotocopy. Bisnis ini membutuhkan modal awal yang lumayan besar. Tentu Anda harus membeli mesin fotocopy yang bisa saja lebih dari satu.

Selain itu, tempat yang akan digunakan untuk usaha juga harus diperhatikan. Membeli atau sewa tempat yang lokasinya strategis tentu lebih mahal harganya. Sedangkan, seperti yang diketahui, usaha fotocopy haruslah berada di pusat keramaian atau dekat dengan area perkantoran.

2. Balik Modal yang Cukup Lambat

Usaha fotocopy memang menjanjikan, seperti yang diuraikan di atas. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa balik modal usaha ini tidaklah cepat. Mungkin butuh waktu sampai bertahun-tahun lamanya.

Pasalnya, pendapatan harian yang didapat dari fotocopy cenderung tidak stabil. Bisa saja hari ini ramai, tapi esoknya sepi, dan seterusnya. Jadi, kapan balik modal dari usaha fotocopy memang cukup sulit diprediksi.

3. Diperlukan Rencana yang Matang

Sebenarnya, setiap hendak memulai bisnis apa saja, tentu memerlukan rencana yang matang. Apalagi untuk memulai usaha fotocopy. Baru membicarakan tempatnya saja sudah butuh planning utama dan rencana-rencana cadangan.

Belum lagi untuk pembelian mesin fotocopy, siapa nanti yang akan menjaga tempat tersebut, juga hal lainnya. Misalnya apakah usaha fotocopy akan dilengkapi dengan keperluan alat tulis, juga kebutuhan kantor. Jika iya, maka pengeluaran modal tentunya akan bertambah besar.

Itulah beberapa hal yang menjadi kelemahan usaha fotocopy yang patut dipertimbangkan. Jangan khawatir, setiap bisnis pasti ada lebih dan kurangnya. Bagaimana, apakah Anda sudah betul-betul mantap?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.