3 Resiko Usaha Fotocopy yang Harus Dipertimbangkan Bagi Pemula

Jadiberkah.com – Usaha fotocopy adalah salah satu jenis usaha yang langgeng. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan orang-orang untuk menggandakan dokumen. Namun, bukan berarti usaha ini tidak punya resiko. Resiko usaha fotocopy tetap ada jika Anda tidak pandai mengelolanya.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk membuka usaha ini, resiko yang ada haruslah lebih dulu ditelaah. Penting sekali untuk mengetahui berbagai resiko usaha fotocopy jika bisnis Anda ini ingin sukses. 

Penasaran apa saja resiko tersebut? Simak penjelasan di bawah ini!

3 Resiko Usaha Fotocopy Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula

Resiko Usaha Fotocopy

Dari sekian banyak resiko, ada 3 resiko yang harus Anda ketahui bila ingin terjun ke dunia usaha fotocopy. Adapun resiko usaha fotocopy bagi pemula diantaranya adalah :

1. Lokasi yang Sepi

Memilih lokasi untuk usaha fotocopy bisa dikatakan sebagai nyawa dari usaha Anda. Jangan terburu-buru untuk memulai bisnis ini jika Anda belum menemukan lokasi yang betul-betul strategis. Misalnya saja di dekat sekolah, universitas, area perkantoran, atau pusat kota.

Asal memilih lokasi bisa membuat usaha fotocopy tersendat. Resikonya adalah jika lokasi yang dipilih secara asal itu ternyata sepi. Karenanya, melakukan riset lokasi sebelum memulai bisnis fotocopy adalah hal yang wajib dilakukan.

2. Kerusakan Mesin

Resiko selanjutnya yang harus dipikirkan dari usaha fotocopy adalah kerusakan mesin. Selain lokasi strategis, mesin fotocopy juga akan membawa usaha Anda ke arah sukses atau tidak. Kualitas mesin yang baik akan menghasilkan hasil penggandaan dokumen yang baik dan jernih.

Sementara itu, seandainya Anda memilih mesin seken untuk bisnis ini, bisa saja mesin sering rusak. Kalau sudah begitu, usaha fotocopy pasti akan tersendat. Selain Anda harus kehilangan pelanggan, Anda juga harus membenahi mesin yang jelas butuh biaya.

3. Saingan Banyak

Sepertinya, nyaris dalam bidang bisnis apa pun sekarang ini, saingan ada di mana-mana. Tidak terkecuali dalam usaha fotocopy. Di lokasi strategis kadang sudah ada beberapa usaha yang sama.

Namun, resiko itu harus Anda terima dan jangan sampai menyurutkan semangat. Yang perlu dilakukan adalah membuat usaha fotocopy Anda mempunyai ciri khas. Bisa dengan memberi harga yang lebih murah, atau diskon tertentu untuk menarik minat pengunjung

Itu dia beberapa resiko usaha fotocopy yang bisa Anda pertimbangkan. Menilik resiko ini, sebaiknya sebelum Anda membuka bisnis fotocopy, lakukanlah riset secara matang. Baik itu soal lokasi, modal, mesin fotocopy, dan sebagainya. Selamat berbisnis!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.