Mau Bisnis Fotocopy? Ketahui 3 Ancaman Usaha Fotocopy!

Jadiberkah.com – Setiap usaha yang dipilih tentu ada kelemahan dan kelebihannya. Sejak menetapkan akan memilih usaha, Anda tentu mempertimbangkan segala hal, seperti modal, sumber daya, perkiraan keuntungan dan antisipasi kegagalan. Termasuk jika Anda memilih usaha foto copy. Persaingan yang semakin ketat dan menjamurnya tempat fotocopy merupakan ancaman usaha foto copy yang harus Anda ketahui. 

Kelemahan Usaha Fotocopy Yang Wajib Diketahui

Bila memiliki lahan di sekitar sekolah, perguruan tinggi atau perkantoran, Anda tidak keliru jika memilih usaha foto copy. Namun, selain persaingan yang ketat, ada beberapa hal lain yang harus diketahui, yang menjadi ancaman usaha fotocopy.

Tentu Anda penasaran bukan, apa saja ancaman yang dimaksud? Berikut ini ada beberapa diantara ancaman yang patut Anda waspadai, diantaranya adalah :

Baca Lainya:  Rincian Modal Usaha Laundry Yang Harus Dipersiapkan

1. Daya Listrik yang Tinggi

Mesin fotocopy tidak saja mahal harganya, tetapi juga tinggi daya listriknya. Anda mungkin bahkan memiliki tidak hanya satu mesin, tetapi dua atau tiga. Makin banyak, tentu daya listriknya makin tinggi. Saat tarif dasar listrik terus meningkat dewasa ini, anggaran untuk membayar rekening listrik tentu meningkat. Anda harus benar-benar memperhitungkan dengan omzet per bulan agar tidak rugi.

2. Mulai Jarang Konsumen untuk Fotocopy Buku

Kendati memang dibutuhkan, pada masa kini tidak semua orang suka memfoto copy buku. Dewasa ini, orang gemar membaca lewat media lain, yaitu dengan ebook atau PDF. Kebiasaan baru ini tentu membuat jumlah pemakai fotocopy-an makin sedikit dari waktu ke waktu. Tren yang berubah membuat para pelaku usaha ini memandang hal ini sebagai ancaman usaha fotocopy pada masa depan.

3. Banyak yang Suka Di-print, Di-scan, atau Berupa File.

Anda mungkin terbiasa melengkapi data-data untuk berbagai keperluan penting, seperti foto copy KTP, KSK, Akte Kelahiran, dan sebagainya. Kini semua bisa dilakukan secara online, jadi tidak perlu bukti fisik data penting itu. Cukup menyerahkan berupa file, maka semua urusan segera beres. Ada pula yang lebih suka di-scan, kemudian di-print, jadi lebih terlihat asli dan terang, tidak kabur seperti fotocopy-an.

Demikianlah tiga ancaman usaha fotocopy yang sangat penting diketahui para pelaku usaha fotocopy. Bagaimanapun mesin fotocopy masih digunakan untuk keperluan tertentu. Agar tetap bertahan, Anda harus berinovasi agar usaha  Anda tidak terancam. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.