3 Kelemahan Usaha Laundry Yang Harus Dicermati Sebelum Memulai Usaha

Jadiberkah.com – Kebanyakan calon pengusaha laundry hanya melihat keuntungan berlipat ganda ketika akan membuka usaha. Terlebih jika memiliki tempat usaha yang ramai sehingga berasumsi para pelanggan akan datang. Tetapi di balik berbagai kelebihannya, ada kelemahan usaha laundry yang harus ikut dipertimbangkan juga.

Dalam memulai usaha, hendaknya jangan hanya memikirkan keuntungan dari sang pemilik. Tetapi juga mempertimbangkan kepuasan para pelanggan agar terus datang lagi. Hal ini yang sering luput dalam perhitungan para pengusaha, sehingga akhirnya mengalami kerugian bahkan bangkrut.

3 Kelemahan Usaha Laundry Yang Harus Diketahui Pemula

Usaha laundry pada dasarnya adalah usaha yang memberikan jasa berupa membersihkan pakaian, selimut atau boneka. Banyak orang yang karena berbagai kesibukan pekerjaan, tidak sempat lagi mencuci pakaiannya sendiri di rumah. Jadi usaha ini memiliki peluang yang cukup besar, namun ada pula beberapa kelemahan usaha laundry yang harus Anda perhatikan, seperti berikut ini!

1. Harga

Pemilik tidak bisa menerapkan harga sesuai keinginan begitu saja sebab tingginya persaingan dalam usaha jasa ini. Mengenakan tarif yang lebih tinggi dari harga pasaran, bisa membuat calon pelanggan mundur. Kecuali ada penawaran lebih istimewa yang membedakan dari laundry lain.

2. Karyawan

Kelemahan berikutnya berupa karyawan yang kurang memahami bagaimana keinginan pelanggan. Kualitas kebersihan pada pakaian yang dicuci juga terkadang sekedarnya saja, karena kurangnya ketelitian mereka. Sebaiknya saat menerima karyawan untuk bekerja, beri pelatihan terlebih dulu agar lebih teliti dalam membersihkan pakaian pelanggan. 

3. Cuaca

Terkadang cuaca bisa menjadi penghalang dalam usaha laundry. Di musim hujan, kegiatan menjemur pakaian bisa terkendala oleh hujan yang turun tiba-tiba. Kecuali ada ruangan khusus untuk menjemur yang tidak terganggu meski hujan turun. Tetapi cuaca juga bisa memberikan keuntungan, misalnya musim kemarau di mana air sulit didapat. Sehingga banyak orang memilih untuk mencuci di laundry.

Ketika berbagai kelemahan usaha laundry ini sudah dipahami, selanjutnya Anda tinggal mencari solusi untuk menanganinya. Usaha Anda pun bisa terus berlanjut setelah mengatasi semua kekurangan sehingga para pelanggan terus berdatangan. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.