Apa Perbedaan AliExpress dan Alibaba? Simak 6 Perbedaannya Berikut ini

perbedaan aliexpress dan alibaba

Jadiberkah.com – Apa perbedaan AliExpress dan Alibaba? Memiliki nama yang hampir sama, bisa saja membuat konsumen terkecoh dengan nama yang hampir sama tersebut.

Alibaba yang sudah menjadi ecommerce besar, namun muncul AliExpress yang turut menjadi semakin besar di China. 

Alibaba dan AliExpress tidak hanya terkenal di China. Kedua raksasa e-commerce ini sudah terkenal di dunia. 

Apa Perbedaan Aliexpress dan Alibaba

perbedaan aliexpress dan alibaba

Alibaba Group sebagai induk usaha keduanya, namun memiliki perbedaan. Anda harus menyimak perbedaan diantara keduanya, yaitu:

Konsep Bisnis

Alibaba dan AliExpress memiliki konsep bisnis yang berbeda. Alibaba aplikasi menggunakan aktivitas Bussines to Bussiness. Alibaba merupakan platform tempat bertemunya pemilik bisnis sebagai penjual dengan pemilik bisnis sebagai pembeli. 

Baca Lainya:  Gimana sih Cara Pinjam Uang di Shopee Pinjam

AliExpress menggunakan sistem B2C atau Business to Customer. Pemilik bisnis dan pembeli bisa bertemu di sini dan melakukan transaksi.

Kuantitas

Apa perbedaan Aliexpress dan Alibaba? Perbedaan kedua terletak pada kuantitas barang. Alibaba menawarkan produk untuk kuantitas yang besar. Pembeli akan menjualnya lagi ke pasar ritel.

Di AliExpress, Anda bisa membeli barang secara ecer bahkan satu pieces saja dilayani. Tidak ada aturan untuk membeli dalam jumlah tertentu.

Tawar-Menawar

Alibaba memungkinkan terjadinya tawar menawar antara penjual dan pembeli sebelum ada kesepakatan harga. Namun, di AliExpress harga yang tercantum sudah fixed. 

Pembeli bisa langsung membayar setelah menemukan barang yang dicari. Belanja di AliExpress caranya sama dengan ecommerce pada umumnya.

Baca Lainya:  Berapa Keuntungan Franchise Sabana Fried Chicken

Label

Anda bisa memesan barang tanpa label. Penjual di Alibaba bisa membuatkan label atau desain sendiri. Hal ini tidak berlaku di AliExpress. 

Label dan merek di AliExpress memilih apa yang sudah disediakan. AliExpress tidak menyediakan layanan sesuai keinginan Anda.

Kedatangan Barang

Ketika memesan barang di AliExpress, barang otomatis akan segera dikirim. Namun, jika memilih Alibaba harus menunggu barang diproduksi masal. Konsumen akan membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Fasilitas Lain

AliExpress menawarkan fasilitas menjualkan barang tanpa perlu membeli terlebih dahulu. Di Alibaba, Anda tidak menyediakan fasilitas ini.

Apa perbedaan Aliexpress dan Alibaba? sudah dapat dipahami dari sistem yang diberlakukan. Anda bisa memilih AliExpress atau Alibaba sesuai kebutuhan.

Baca Lainya:  Begini Cara Membuat NFT di Binance dan Cara Menjualnya

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.