Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Usaha Laundry? Simak 6 Poin Berikut Ini!

Jadiberkah.com – Usaha laundry merupakan suatu jenis usaha yang cukup mudah untuk dijalankan dari rumah. Prospeknya pun cukup menjanjikan, mengingat saat ini kebanyakan orang sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya untuk membereskan urusan cuci mencuci sendiri.

Sebelum mencoba memulai usaha tersebut, tentunya Anda perlu melakukan sejumlah persiapan. Nah, kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk usaha laundry? Berikut di bawah ini adalah ulasan yang menarik untuk Anda simak, terutama bila Anda ingin terjun ke dunia usaha ini. Yuk simak!

Kelengkapan Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Usaha Laundry?

Pasokan air dan listrik

Mengingat air dan listrik merupakan komoditas utama dalam bisnis laundry, Anda tentu harus memiliki suplai yang memadai. Pertimbangkan pula untuk menambahkan instalasi khusus jika Anda memiliki lebih dari satu alat cuci.   

Mesin cuci dan pengering

Kecuali Anda berniat menawarkan jasa mencuci dengan tangan (manual), mesin cuci merupakan kelengkapan utama yang dibutuhkan. Siapkan pula sejumlah ember atau keranjang untuk wadah cucian. Jika budget Anda cukup longgar, tidak ada salahnya menyediakan mesin pengering khusus agar bisnis tidak terkendala oleh cuaca. Namun, jika hendak memanfaatkan sinar matahari pun tak masalah. Siapkan tempat, tali atau tiang jemuran, hanger serta jepitan. 

Sabun dan pewangi cucian

Sabun dan pewangi yang digunakan akan sangat mempengaruhi kualitas jasa laundry. Oleh karena itu, pilihlah barang yang berkualitas dengan harga yang sesuai kalkulasi.   

Setrika

Hasil setrika yang rapi juga menjadi salah satu poin yang menentukan kualitas laundry. Anda bebas memilih alat setrika sesuai kebutuhan. Kemaslah cucian yang telah disetrika dalam plastik dan susun di rak dengan rapi.  

Timbangan 

Ongkos laundry biasanya dihitung berdasarkan bobot cucian kotor yang hendak dicuci. Untuk itu Anda perlu menyediakan timbangan digital, lebih baik lagi bila sudah terintegrasi dengan komputer menggunakan program kalkulasi khusus laundry. 

Alat tag 

Penggunaan alat ini bersifat opsional, tapi sangat bermanfaat untuk menandai cucian agar tidak tertukar saat akan diserahkan pada sang pemilik. 

Sekarang Anda sudah tahu bukan, kelengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk usaha laundry? Selamat memulai usaha dan semoga sukses. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.