Ingin Menambah Order Jahitan? Cermati 5 Poin Kerja Sama Usaha Jahit Ini

Jadiberkah.com – Memiliki keterampilan menjahit sangatlah menguntungkan. Tidak melulu harus bergabung dengan perusahaan besar, Anda dapat memanfaatkannya untuk usaha mandiri di rumah. Guna menjamin kelancaran usaha tersebut, Anda perlu membina kerja sama usaha jahit dengan para profesional lainnya.

Kerja sama usaha jahit umumnya terjalin antara Anda dengan pemasok, pelanggan maupun rekan sesama penjahit. Kerja sama tersebut juga bermanfaat memperluas jaringan bisnis serta dapat meningkatkan jumlah pesanan Anda. 

5 Poin Kerja Sama Usaha Jahit yang Perlu Dicermati 

Kerja sama dengan pabrik konveksi

Meski Anda mungkin bukan karyawan sebuah pabrik konveksi, tak ada salahnya mencoba bekerja sama dengan mereka. Beberapa pabrik terkadang memanfaatkan tenaga penjahit lepas (outsourcing) guna membantu menyelesaikan pesanan. Perlu Anda ingat, untuk bentuk kerja sama semacam ini biasanya diperlukan sejumlah prosedur atau kontrak resmi. 

Kerja sama dengan pemilik toko tekstil

Pembeli yang berbelanja kain ke toko tekstil umumnya juga membutuhkan penjahit. Anda dapat meminta pada pihak toko untuk merekomendasikan jasa Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat menjadi salah satu menjadi pelanggan loyal toko tersebut atau merekomendasikan pelanggan Anda untuk berbelanja ke sana.  

Kerja sama dengan rekan sesama penjahit

Alih-alih menganggap mereka sebagai kompetitor, ada baiknya Anda justru menjalin kerja sama dengan rekan seprofesi. Anda dapat saling merekomendasikan jika kebetulan mendapati pesanan yang tidak dapat dikerjakan sendiri. Hal ini juga bermanfaat menciptakan persaingan bisnis yang lebih sehat. 

Kerja sama dengan penjahit yang memiliki keterampilan komplementer

Bisa jadi Anda terampil menjahit busana, tapi kurang telaten mengerjakan bordir, payet dan pekerjaan sejenisnya. Untuk itu, Anda perlu bekerja sama dengan penjahit lain yang memiliki keterampilan tersebut agar pekerjaan tetap dapat berjalan lancar dan hasilnya lebih sempurna.  

Kerja sama dengan instansi yang memerlukan jasa jahit seragam

Umumnya, kantor atau perusahaan selalu menyeragamkan busana pegawainya. Jika Anda kebetulan memiliki koneksi, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapat kepercayaan mengerjakan pesanan seragam mereka. 

Dengan kerja sama usaha jahit yang baik, niscaya Anda memiliki relasi yang dapat membantu membukakan peluang usaha yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.