Ingin Mulai Berbisnis! Ikuti 3 Tips Contoh Cara Usaha Bengkel Motor

Jadiberkah.com – Sejak adanya pandemi Covid 19, sudah terlalu banyak perusahaan yang gulung tikar. Meskipun begitu,  tidak akan menyurutkan beberapa orang untuk membuka usaha bengkel. Selain bisa dibuka dengan modal yang minim, usaha ini juga dibuka dimana saja. Ada berbagai macam bengkel, misalnya bengkel mobil, sepeda, dan sepeda motor. Tapi yang akan dibahas adalah contoh  cara usaha bengkel motor agar berjalan lancar.

Tips Contoh Cara Usaha Bengkel Motor

Meskipun sudah banyak usaha bengkel, namun bukan tidak mungkin usaha bengkel yang Anda didirikan berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan yang besar.  Supaya bisnis tersebut berjalan dengan lancar, ikuti tips contoh cara usaha bengkel motor. 

1. Tentukan lokasi usaha

Sebelum membuka usaha bengkel, tentukan lokasi yang dipakai. Tentu saja lokasi yang strategis. Lalu, lokasi strategis bagaimana yang bisa dipakai untuk usaha? Lokasi tersebut harus berada pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan. Misalnya dekat pasar.  Tapi tentu saja yang bisa dilihat oleh semua orang sehingga bengkel mudah dikenal. Tapi jika masih memakai modal yang minim, ganti usaha bengkel tersebut sebagai usaha rumahan. Dengan memakai garasi atau teras rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi. 

2. Besaran modal

Tips selanjutnya adalah menentukan besar modal yang akan digunakan membuka usaha bengkel. Semakin besar modal, maka usaha bengkel bisa semakin besar dengan peralatan yang lebih lengkap. Selain peralatan, yang harus dipersiapkan adalah lokasi bengkel. Semakin ramai lokasi maka harga sewa juga semakin mahal. Perhitungkan juga jumlah karyawan yang akan dipekerjakan. 

3. Mencari montir

Karena hanya sedikit sekolah tentang perbengkelan, maka skill ini agak sulit ditemukan. Apalagi harus mencari yang benar-benar handal. Yang bisa Anda lakukan sebelum merekrut adalah melakukan tes. Ujian tersebut bisa berupa  reparasi, ganti spare part, dan ganti oli. Bukan hanya skillnya saja yang bisa diandalkan, namun montir tersebut harus ramah dan jujur. 

Itulah tiga tips contoh membuka usaha bengkel. Meskipun banyak bengkel yang berdiri, maka berikan pelayanan berbeda. Misalnya memberikan soft drink gratis atau memberikan cuci motor gratis.  Jangan biarkan pelanggan kecewa atau komplain tidak ditanggapi. Jangan lupa untuk promosi dengan gencar sehingga masyarakat sekitar bisa mengenal bengkel yang Anda didirikan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.