Rincian Modal Usaha Bengkel Motor Paling Minim

Jadiberkah.com – Situasi yang serba sulit sekarang ini membuat setiap orang cermat memanfaatkan peluang. PHK di mana-mana karena banyak perusahaan gulung tikar menuntut semua orang sigap menyelamatkan perekonomian keluarga. Anda bisa memilih membuka bengkel motor dengan terlebih dahulu membuat rincian modal usaha bengkel motor.

Bagi Anda yang menyukai dunia otomotif, membuka usaha bengkel motor adalah pilihan tepat. Apalagi, usaha yang satu ini tidak ada matinya karena jumlah kendaraan bermotor terus bertambah dari tahun ke tahun. Namun, karena usaha di bidang ini perlu dana yang tidak sedikit, Anda harus membuat rincian modal usaha bengkel motor.

Membuat Rincian Modal Usaha Bengkel Motor

Bagi Anda yang baru memulai usaha, penting sekali memperhatikan hal-hal penting  sebelum mulai membuat rincian modal usaha. Hal penting itu adalah dana yang tersedia, pemilihan lokasi, strategi usaha, dan montir berkeahlian tinggi yang akan membantu Anda. Setelah memperhatikan hal penting tersebut, Anda bisa mulai merinci.

Investasi awal yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Sewa lahan/lokasi per tahun: Rp10.000.000,00
  2. Peralatan bengkel, seperti atang, palu, gergaji, obeng plus minus, set kunci L, T, sok, ring, inggris, gerinda, bor, kompresor, dan lainnya: Rp5.000.000,00
  3. Perlengkapan (oli dan spare part):Rp5.000.000,00

Jadi, total investasi awal adalah Rp20.000.000,00

Perhitungan Biaya Operasional Ulang

Pada saat sudah berjalan, bengkel Anda tentu membutuhkan biaya operasional. Anda juga harus memperhitungkan biaya operasional saat pertama memulai usaha, yaitu sebegai berikut:

  1. Gaji karyawan: Rp2.500.000,00
  2. Biaya listrik: Rp500.000,00
  3. Biaya lainnya: Rp500.000,00

Jadi, total biaya operasional adalah Rp3.500.000,00

Rincian diatas adalah rincian paling minim yang cocok diterapkan untuk pemula. Bagi Anda yang siap dengan lahan di rumah dan lokasinya strategis, dana untuk sewa lahan bisa dihilangkan. Selain itu, bila Anda dibantu oleh saudara atau anggota keluarga, gaji karyawan juga bisa dikurangi. Anda bisa menambah jumlah montir, jika bengkel Anda maju dan dikenal banyak orang. 

Demikian rincian modal usaha bengkel motor paling minim yang mudah diterapkan bagi Anda yang baru memulai usaha bengkel. Teruslah berinovasi dengan memberikan layanan yang baik agar bengkel Anda disukai banyak pelanggan. 

semoga bermanfaat

Baca Lainya:  Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan, Omset Ratusan Juta

ModalUsahaBengkelMotor

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.