Ubah Resiko Menjadi Peluang! Ketahui 4 Kelemahan Usaha Bengkel Motor

jadiberkah.com – Bengkel motor kerap kali dijadikan peluang untuk memulai usaha. Meski dinilai sukses pada skala tertentu, kelemahan usaha bengkel motor pun masih menjadi momok bagi pelaku usaha ini. 

Setiap tahun trafik pengguna kendaraan bermotor selalu naik. Entah karena memang perusahaan terkait selalu berinovasi mengeluarkan model terbaru yang digemari masyarakat, maupun memang karena kebutuhan untuk mempunyai mode transportasi ini. 

Hal ini disambut baik tentu saja oleh pelaku usaha bengkel motor. Pasalnya usaha bengkel motor sangat berbanding lurus peluangnya dengan semakin banyaknya pengguna roda dua di berbagai daerah. 

Umumnya dalam berwirausaha, pasti akan dijumpai kesulitan baik yang berupa resiko maupun standard kekurangan dalam operasional. Sama halnya dengan bengkel motor.

Mengenali Kelemahan Usaha Bengkel Motor

Lokasi

Tidak bisa dipungkiri tentang salah satu syarat dalam membuka usaha bengkel motor ini. Lokasi menjadi hal yang bisa dibilang sangat penting. 

Selain itu, harus juga memperhitungkan wilayah yang dijadikan tempat usaha bengkel motor, mungkin dimulai dengan beberapa pertanyaan ini,

  • Apakah masyarakat di wilayah itu sudah mangga motor sebagai kebutuhan?
  • Seberapa banyak masyarakat yang mempunyai kendaraan bermotor?
  • Akses menuju bengkel, apakah sulit dicapai?

Perang harga

Pelanggan cenderung akan mencari bengkel dengan tarif yang lebih masuk akal. Hal ini menjadi resiko dari berbisnis bengkel motor, dimana pasti ditemui perang harga antara para kompetitor.

Maka tidak berlebihan jika perang harga disebut menjadi salah satu kelemahan usaha bengkel motor.

Modal yang tidak sedikit

Sudah perang harga, modal yang dikeluarkan untuk usaha bengkel motor pun tidak bisa dibilang sedikit. Banyak peralatan khusus yang harus dimiliki, ditambah lagi upah montirnya.

Harus mempunyai keahlian khusus

Jika tidak ingin menggaji montir yang ahli, Anda bisa menyiasatinya dengan bekerja sendiri. Namun dalam hal ini, kemampuan yang baik dalam memperbaiki motor yang rusak harus Anda miliki bahkan kuasai. Selain untuk memberi kepuasan pelanggan, juga diharapkan agar bengkel yang Anda miliki bisa bertahan lama karena diminati pelanggan.

Jika semua hal di atas sudah dipertimbangkan, maka kelemahan usaha bengkel motor tidak lagi dijadikan hambatan. Resiko yang ada seharusnya menjadi peluang yang menggiurkan mengingat ada banyak hal baik jika Anda memiliki usaha di bidang otomotif, dalam hal ini adalah bengkel motor.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.