3 Resiko Usaha Bengkel Las yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Usaha Ini!

Jadiberkah.com – Setiap akan menentukan usaha apa yang akan dipilih, setiap pelaku usaha perlu menyiapkan mental dan dana. Selain itu, perlu juga memikirkan resiko yang akan muncul, termasuk resiko usaha bengkel las. Usaha yang satu ini masih ada peminatnya karena kebutuhan yang memang masih terus ada, bahkan terus berkembang.

Kebutuhan modal usaha yang tergolong besar membuat pelaku usaha di bidang ini harus hati-hati. Meskipun demikian, potensi keberhasilan cukup besar, mengingat banyaknya konsumen yang memerlukan jasa tersebut. Jasa las adalah jasa menyambung besi dan logam supaya lekat dengan proses pembakaran sehingga Anda harus paham resiko usaha bengkel las ini. 

Apa Saja Resiko Usaha Bengkel Las?

Ada banyak produk yang membutuhkan proses pengelasan untuk menghasilkan produk yang baik, seperti pembuatan rangka rumah, rangka atap, dan teralis. Juga kebutuhan rumah tangga, seperti  rangka sepeda, motor, jemuran, dan sebagainya. Namun, sebelum membuka usaha ini, Anda harus memahami risiko yang mungkin dihadapi, yaitu:

Baca Lainya:  Cara Ternak Bebek Petelur Modern?

Pekerjaan ini melibatkan nyawa manusia

Pengelasan bisa membahayakan nyawa bila tidak dilakukan dengan sempurna. Karena banyak akibat yang akan ditimbulkan bila dalam pengerjaannya tidak dilakukan dengan baik. Misalnya seperti rumah yang dibangun bisa roboh, sepeda/motor bisa rusak di tengah jalan, yang mana semuanya akibat dari tindakan tersebut bisa membahayakan nyawa manusia.

Kemungkinan kecelakaan kerja

Oleh karena itu Anda harus tahu kalau pengelasan adalah proses pembakaran dan pemanasan, yang harus dilakukan oleh tenaga yang terlatih. Bila tidak tepat prosesnya, bisa terjadi kecelakaan kerja mengingat peralatan yang digunakan relatif berbahaya. Misalnya, bila tidak menggunakan kacamata, cipratan las bisa mengenai mata. Tangan juga melepuh bila terkena percikan api las.

Modal besar tidak seiring dengan keuntungan

Usaha bengkel las membutuhkan peralatan dan mesin-mesin yang tidak murah harganya.  Seiring berkembangnya zaman, Anda harus mengikutinya dengan pengadaan mesin-mesin berkualitas yang memadai. Belum lagi kebutuhan mobil sebagai alat transportasi. Namun, bila tidak diiringi dengan pelayanan pelanggan yang baik, promosi yang tepat usaha bengkel las Anda, juga harga yang bersaing dan garansi yang memadai, Anda bisa jadi tidak dilirik pelanggan. Hal ini tentu berpengaruh pada penghasilan. 

Demikian tiga resiko usaha bengkel las yang harus diketahui sebelum memastikan memilih jenis usaha ini. Tidak hanya harus siap mental dan dana, Anda juga harus siap dengan strategi usaha yang jitu untuk meminimalisir risiko, sekaligus meningkatkan keuntungan. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.