Begini 2 Tips Cara Membuat Google Form PDF dan Excel

Jadiberkah.comSebagian orang mungkin akan kelimpungan saat mendapatkan tugas untuk membuat form yang menjadi sebagian kebutuhan kantor. Tidak sedikit juga yang menggunakan jasa pengetikan, padahal cara membuat Google Form PDF dan Excel sangat mudah sekali loh!

Menariknya, fitur atau aplikasi Google Form ini ternyata juga sudah terhubung dengan aplikasi lainnya, sehingga akan memudahkan pekerjaan Anda tanpa harus ribet dengan berbagai macam keperluan lainnya. 

Penasaran bukan dengan cara untuk membuat Google Form dalam bentuk PDF dari Excel yang dilakukan dengan sebuah ponsel pintar? Yuk, simak ulasannya sampai selesai jangan sampai diskip yah!

Tips Cara Membuat Google Form PDF dan Excel

google form pdf

Cara membuat Google Form sangat mudah sekali untuk dilakukan. Desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga kita bisa mencari urutan pengerjaan berikutnya dengan mudah.

Berikut ini cara membuat berbagai variasi pembuatan Google Form PDF dan Excel. Anda dapat sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Bagaimana cara untuk membuatnya? Yuk, simak langkah-langkahnya yang mudah di bawah ini!

Baca Lainya:  Apakah Vtube Terdaftar di Kominfo? Satu Diantara Banyak Pertanyaan!

Cara membuat Google Form dari Naskah PDF

Dalam membuat isian Google Form, misalnya berupa pertanyaan, kadang mengalami kendala dengan jenis font tertentu. Dengan memindahkan naskah dari PDF ke Google Form maka semuanya akan lebih mudah.

Misalnya akan membuat soal latihan di Google Form. Maka langkah-langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut.

  • Setelah mengetik naskah soal di MS Word maka naskah bisa di save as dalam format PDF (*PDF). 
  • Sebelumnya hapuslah nomor pada soal agar lebih mudah pengaturannya di Google Form. 
  • Setelah menjadi PDF, file tersebut bisa di-upload ke Google Form dengan login ke Google terlebih dahulu. Setelah terupload, aktifkan aplikasi Auto Magical Forms melalui add-ons. 
  • Caranya carilah tanda “+” pada panel samping kanan dan klik. Ketik Automagical, kemudian klik Install, pilih Allow agar proses berjalan. Setelah berhasil akan muncul gambar kuda pink di panel samping. 
  • Selanjutnya, pilih file soal ulangan, kemudian klik icon kuda. Akan muncul window pilihan Automagic Form dan pilih Request Permission. 
  • Setelah proses selesai, soal akan muncul semua di sebelah kanan. Setelah muncul dengan lengkap, kemudian pilih Form untuk membuat formulir baru.
Baca Lainya:  Mengintip berapa gaji karyawan di perusahaan Startup Unicorn di indonesia

Cara mengintegrasikan Google Form dengan Excel (Spreadsheet)

Selain sebagai soal ulangan Google Form juga bisa digunakan untuk kuesioner. Hasilnya, yaitu berupa tanggapan, bisa langsung diintegrasikan ke excel melalui Google Spreadsheet dan menganalisanya. Apalagi jika kegiatan tersebut melibatkan puluhan atau ratusan responden.

Berikut langkah mengintegrasikan hasil Google Form ke Excel (Google Spreadsheet).

  • Terlebih dahulu buka Google Form di ponsel atau smartphone Anda. 
  • Kemudian pilih formulir Google Form yang hendak diintegrasikan ke Excel, misalnya namanya Kuesioner A. 
  • Kemudian pilih Tanggapan yang berada di samping Pertanyaan. 
  • Selanjutnya akan muncul pop-up dan pilihlah Buat Spreadsheet Baru. Beri title dan klik Buat. 
  • Otomatis, layar langsung menampilkan halaman Spreadsheet/Excel yang masih terhubung dengan Google Form Kuisioner A. 
  • Semuanya dalam bentuk tabel-tabel. Jika ingin melihat tanggapan muncul di Spreadsheet, maka klik Tanggapan. Akan muncul tanggapan yang sudah berbentuk tabel-tabel yang siap diolah datanya.
Baca Lainya:  Berikut Langkah-Langkah Membuat Akun Google Drive dan Fungsinya

Cara memanfaatkan Google Form PDF, Excel tidak terlalu sulit bukan? Dengan sering menggunakan akan bisa memaksimalkan penggunaannya pada aplikasi yang lain dan kebutuhan yang berbeda.

Semoga bermanfaat yah ulasan yang sudah kami berikan di atas, jangan lupa untuk selalu memanfaatkan fitur-fitur menarik dari Google lainnya yah! 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.