Begini Cara Membuat Google Form Gratis dan Menarik, Cukup dengan 4 Langkah Sederhana

Jadiberkah.com – Banyak yang belum paham dan mengetahui bahwa proses dari program vaksinasi yang digalakkan oleh pemerintah beberapa bulan belakangan ini sangat terbantukan dengan adanya fitur Google Form. Dan tidak heran juga kalau banyak orang yang penasaran dengan cara membuat Google Form gratis dan juga menarik.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih cara yang tepat untuk membuat Google Form yang bisa didapatkan secara gratis dan dibuat menarik sesuai dengan kebutuhan? Nah, penasaran bukan dengan caranya? Yuk simak ulasan menarik mengenai membuat Google Form yang bisa didapatkan secara percuma tersebut!

4 Tips Cara Membuat Google Form Gratis dan Menarik

Cara untuk membuat Google form gratis dan juga menarik sendiri sebenarnya sangat mudah sekali, langkah yang dibutuhkan sendiri adalah dengan menggunakan fitur-fitur tambahan yang sudah disediakan dan selalu diperbarui. 

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan Google Form yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah, antara lain:

Buka/Install aplikasinya

Aplikasi pembuat Google Form bisa didapat docs.google.com/forms untuk versi gratis. Sedang versi berbayarnya tersedia di playstore, tapi tentu saja dengan fitur yang lebih lengkap.

Baca Lainya:  Begini Langkah-Langkah Menggunakan Google Classroom Bagi Guru, Ada 4 Langkah!

Tampilan depan

Setelah terbuka, tampilan paling atas, anda akan menemukan bagian kosong yang diberi nama deskripsi formulir di bawahnya. 

Maksudnya, itu adalah tempat untuk judul form yang akan dibuat. Misalnya, Registrasi Vaksinasi Covid 1 dan 2, Registrasi Seminar Kesehatan Online atau Kegiatan Ibadah Harian dsb.

Berikutnya di bagian bawah deskripsi form terdapat tempat untuk pertanyaan pertama. Di setiap pertanyaan terdapat pilihan untuk ditambahkan gambar. Pilihan menambahkan gambar bisa dari kamera, galeri atau browser.

Untuk jawaban pertanyaan, google form menyediakan pilihan yang lengkap. Apakah mau pilihan ganda, isian singkat, berupa paragraf, kotak centang, atau upload file.

Fitur pelengkap 

Ada pula fitur pelengkap untuk menambah pertanyaan, menambah halaman, dan menambah sub judul form. Fitur ini mengakomodir banyaknya pertanyaan dan tambahan form untuk tujuan yang berbeda tapi masih dalam satu GF.

Baca Lainya:  Asal usul desa kalibeji Sempor kebumen yang harus anda tahu

Selain itu GF mode gratis dilengkapi dengan pengubah warna. Tersedia aneka pilihan warna dalam berbagai tingkat kecerahannya.  

Fitur jenis font tersedia pilihan huruf dasar, dekoratif, formal dan lucu. Jenis font yang dipilih dipadu dengan gambar dan warna yang sesuai bisa membuat GF makin semarak.

Cara membuat Google Form gratis dan menarik

Dengan berbagai fitur di atas, walau tidak selengkap GF berbayar tapi cukup bisa menghasilkan GF yang eye catching.

Lebih beranilah menggunakan warna, dipadukan dengan unsur font dan gambar-gambar yang dipersiapkan dengan baik. 

Maksimalkan gambar yang digunakan dengan memasukkan jenis gambar foto, ilustrasi, komik, atau lainnya. 

Oleh karena itu gambar bisa dipasang di heading, pertanyaan, pilihan jawaban,dan sub judul sehingga GF lebih ceria. 

Dengan usaha yang teliti dan sabar, maka Google form yang dihasilkan akan lain dari yang lain.

Untuk mengetes hasil kreasi GF bisa dilihat pada fitur pratinjau ber-icon mata yang terletak pada titik tiga di atas kanan. 

Baca Lainya:  Jual baju gamis wanita syar'i

Dari sana akan terlihat keindahan jerih payah anda yang dengan sabar memilah setiap unsur agar menarik dan tidak membosankan.

Cara membuat Google form gratis dan menarik terbukti tidak sulit. Curahkan perasaan anda pada target yang diharapkan, maka silahkan terkejut dengan hasilnya yang beda dan unik.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.